PENANAMAN SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS VIII SMPN 3 ROKAN IV KOTO

  • Febria Syabatini Universitas Pasir Pengaraian
  • Ryan Prayogi Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: Motivasi siswas, Sikap Belajar, Inovatif

Abstract

Menumbuhkan sikap sosial harus dilakukan dengan pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk mendorong motivasi siswa dalam menanamkan nilai-nilai sikap sosial. Penelitian ini membahas tentang cara guru IPS dalam menanamkan bentuk sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan peristiwa atau fenomena tertentu dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII sebanyak 28 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah 13 siswa dari seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan triangulasi dari sumber data angket, wawancara dan observasi yang dideskripsikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini merupakan keseluruhan penelitian yang membahas tentang kategori cukup baik, hal ini menyatakan bahwa dalam penelitian penanaman sikap sosial siswa oleh guru melalui pembelajaran IPS telah menghasilkan bentuk penanaman sikap sosial jujur ​​sebesar 68,37% dan sikap disiplin 76,55%, sikap tanggung jawab 76,2%, sikap sopan santun 71,95%, sikap peduli 71,2%, dan sikap percaya diri 74,15%, dengan persentase rata-rata sikap yang diperbesar 73,07%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sikap sosial harus ditanamkan kembali oleh guru Ilmu Sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Alpian, Y. (2016). Hubungan Pengetahuan Sila Kemanusiaan Dengan Sikap Tenggang Rasa Pada Siswa SDN Cibarusah Jaya 01 Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi (Studi Korelasional pada Siswa Kelas V SD). Jurnal Civics, 76.
Baron, R. A. (2004). Psikologi Sosial Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Danim, S. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alvabeta.
Darman, F. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Transmedia Pustaka .
Dewi, A. F. (2018). Hubungan Komunikasi Keluarga Dengan Sikap Sosial Siswa SD Negeri Tamanan Skripsi.
Fadillah, L. (2018). Penanaman Sikap Sosial Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI MIS Bina Keluarga. Skripsi.
Hadi, D. P. (2017). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V Penelitian Kualitatif di MIN 11 Bandar Lampung. Skripsi.
Herawati, T. (2014). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS dengan Konvariabel Sikap Sosial Pada Madrasah Tsanawiyah Al-Amin di Kabupaten Tabanan. e-jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa. 1.
Kemendikbud, P. (2018). Statistik Persekolahan. Jakarta: Kemendikbud.
Ilmiyah, S. (2017). Analisis Sikap Sosial Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas II di SDN Jati Mulyo Malang. Skripsi.
Lickona, T. (2012). Charracter Matters. Jakarta: Bumi Aksara.
Marlina. (2017). Penerapan Penilaian Sikap Sosial Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 39. Program Magister PGSD FKIP Untan , 8.
Mawardi, M. K. (2015). Perbedaan Sikap Sosial Siswa M.A Uswatun Hasanah Mangkang Wetan Tugu Kota Semarang (Studi Komparasi Sikap Sosial antara Siswa yang tinggal di Pondok Pesantren dengan Siswa yang tinggal bersama Orang tua tahun Pelajarab 2015/2016. Skripsi.
Neolaka, A. (2017). Landasan Pendidikan-Dasar Pengendalian Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: PT.Kharisma Putra Utama.
Nugraha, U. (2015). Hubungan Persepsi Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Cerdas Sifat, 3.
Sartika, W. (2013). Masalah-Masalah Interaksi Sosial Siswa Dengan Teman Sebaya di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling, 141.
Subhi, M. B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII D di SMPN 1 Purwosari. Skripsi.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2016). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alvabeta.
Surahman, E. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial, 2.

Zahara, A. (2017). Hubungan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Geografi FKIP Unsiyah, 1.
Published
2021-02-21
How to Cite
Febria Syabatini, & Ryan Prayogi. (2021). PENANAMAN SIKAP SOSIAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPS PADA KELAS VIII SMPN 3 ROKAN IV KOTO. BAKOBA : Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 44-53. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/755