PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA MODAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI PEMODERASI PADA PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Darza Nuhhirto Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Pendapatan asli daerah, dana perimbangan, belanja modal, pertumbuhan ekonomi dan kinerja keuangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan asli daerah, dana perimbangan dan belanja modal terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dengan kinerja keuangan sebagai pemoderasi pada pemerintah Kabupaten Rokan Hulu. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif. Data yang digunkan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan realisasi anggaran pemerintah kabupaten Rokan Hulu dan Produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga konstan. Variabel dependen penelitian ini adalah pertumbuhan ekonomi daerah (Y) dan variabel independen adalah pendapatan asli daerah (X1), dana perimbangan (X2), dan belanja modal (X3) serta kinerja keuangan (Z) sebagai variabel moderasi. Metode yang digunakan adalah dengan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan MRA.

Hasil penelitian ini menunjukkan pendapatan asli daerah, dana perimbangan dan belanja modal tidak berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan kinerja keuangan juga tidak dapat memoderasi hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyeni, A. 2017. Profitabilitas Bank Perkreditan Rakyat Di Kota Padang di Tinjau Dari Rasio Likuiditas. Jurnal Benefita.

Ani, N.L.N.P. and Dwirandra, A.A.N.B., 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan Daerah Pada Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, dan Kemiskinan Kabupaten dan Kota. E-Jurnal Akuntansi, 6(3), pp.481-497.

Astuti, N.D., 2017. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (Pad) Dan Dana Alokasi Umum (Dau) Terhadap Belanja Modal Pada Kabupaten/Kota Di Provinsi Bengkulu Tahun 2010-2014. Universitas Negeri Yogyakarta.

Azhar, M.K.S., 2010. Analisis kinerja keuangan pemerintah daerah kabupaten/kota sebelum dan setelah otonomi daerah. Jurnal Keuangan & Bisnis Program Studi Magister Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan, 2(1), pp.57-70.

Bayu, w., 2018. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (Pad), Dana Perimbangan Dan Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumatera Selatan (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Dewi., 2018. Pengaruh pendapatan asli daerah (PAD) dan belanja modal berpengaruh positf dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah kabupaten/kota di provinsi sumatera utara. Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi.

Heryanti, C.D., 2019. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur (Doctoral dissertation, STIESIA SURABAYA).

Muda, M., 2017. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perrimbangan, Lain-lain Pendapatan Daerah yang Sah, dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kinerja Keuangan dengan Belanja Modal sebagai Variabel Moderating.

Manek, M. and Badrudin, R., 2016. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Perimbangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Kemiskinan Di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Telaah Bisnis, 17(2), pp.81-98.

Rahmayati, A., 2016. Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo Tahun Anggaran 2011- 2013. Eka Cida, 1(1).

Saraswati, D., 2018. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Dana Perimbangan sebagai Pemoderasi di Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), pp.54-68.

Saraswati, I.A. and Ramantha, I.W., 2018. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap Pertumbuhan Ekonomi dengan Belanja Modal dan Investasi Swasta sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 24(1), pp.662-686.

Sari, G.N., Kindangen, P. and Rotinsulu, T.O., 2019. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Perkotaan di Sulawesi Utara Tahun 2004–2014. Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Daerah, 18(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999 Tentang. Pembentukan Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kuantan Singingi Dan Kota Batam.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2004 Tentang. Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat Dan Pemerintahan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor : 38 Tahun 2018 Tentang. Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah

UU Nomor : 23 Tahun 2014 Tentang. Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Nomor : 28 Tahun 2009 Tentang. Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah

Peraturan Pemerintah Nomor : 53 Tahun 2009 Tentang. Dana Alokasi Umum Daerah Provinsi, Kabupaten, Dan Kota Tahun 2010.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 13 Tahun 2006 Pasal 53 Ayat (1) Tentang. Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 Tentang. Pelaporan Keuangan Dan Kinerja Instansi Pemerintah

Peraturan Pemerintah Nomor : 38 Tahun 2018 Tentang. Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun 2019

Downloads

Published

2021-07-10

How to Cite

Darza Nuhhirto. (2021). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA PERIMBANGAN DAN BELANJA MODAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI PEMODERASI PADA PEMERINTAH KABUPATEN ROKAN HULU. AKPEM : Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Pemerintahan, 3(1), 21–27. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/akpem/article/view/950