PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI PEGAWAI BERBASIS WEB PADA DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL PROVINSI SUMATERA UTARA

Authors

  • Aisyah Nauli Rumondang Harahap UIN Sumatera Utara
  • Laylan Syafina UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30606/akpem.v5i2.2196

Keywords:

Sistem Informasi, Absensi Pegawai, Berbasis Web

Abstract

Absensi kehadiran pegawai berperan penting bagi instansi atau perusahaan dan memiliki pengaruh terhadap produktivitas kerja untuk mencapai tujuan. Hal ini berkaitan dengan kedisiplinan dan memiliki dampak pada kinerja setiap pegawai. Absensi dan ketepatan waktu sering digunakan sebagai indikator untuk melakukan penilaian terhadap kinerja pegawai. Oleh karena itu diperlukan pendataan khusus untuk mencatat absensi kehadiran pegawai supaya aktivitas pekerjaan dapat tersusun dengan baik. Salah satu cara untuk mengelola absensi pendataan yang baik adalah menggunakan teknologi komputer dengan penerapan aplikasi berbasis website. Pada dinas perindustrian , Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara, sistem absensi yang digunakan masih berbentuk manual dengan menggunakan buku absensi manual dan berdampak pada keefesienan dan keefektifan pendataan. Karena kegiatan pendataan dan rekap data membutuhkan waktu yang cukup lama. Absensi dengan cara manual dapat mengakibatkan masalah seperti ketidaksesuaian data, sulit mencari data, dan resiko kehilangan data. Berdasarkan masalah tersebut maka dibentuklah solusi yaitu perancangan sistem informasi absensi pegawai berbasis web pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode waterfall yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengodean, dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan dirancang dan dihasilkannya aplikasi absensi kepegawaian berbasis web mampu memudahkan proses absensi, melakukan pencarian data serta menghitung rekap absensi dan juga mengurangi tingkat kesalahan penginputan data absensi pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi serta Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darnita, Y., Miadsyah, M., & Toyib, R. (2022). Aplikasi Absensi Kantor Camat Muara Sahung Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu Menggunakan QR Code dan Algoritma Squential Search Pencarian Data Pegawai. Jurnal Media Infotama, 18(2), 247–252.

Fadila, R., & Septiyana, M. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Absensi Finger Print Terhadap Disiplin Pegawai Pada Markas Komando Direktorat Pengamanan Badan Pengusaha Batam. Journal of Business Administration, 3(1), 53–63.

Maharani, Rr. B., Nasution, M. I. P., & Triase, N. (2021). Sistem Informasi Payroll Pegawai dengan Absensi QR Code. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 23–35.

Prasetyo, D., Fitri, I., & Rubhasy, A. (2021). Sistem Informasi Online Berbasis Web Dengan QR Code Secara Real Time Menggunakan Algoritma Vigenere Cipher. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4(1), 88–96.

Rhomadhona, H. (2018). Penerapan Teknologi QR Code Berbasis Web untuk Absensi Pegawai pada BKPSDM Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Humaniora Dan Teknologi, 4(1), 1–6.

Setiawan, W. E., Putera, A. R., & Rozaq, A. (2022). Aplikasi Absensi Karyawan Studi Kasus Cakra Entertaiment Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi "Be Smart with Metaverse Technology”, 575–586.

Sholikhah, I., Sairan, M., & Syamsiah, N. O. (2017). Aplikasi Pembelian dan Penjualan Barang Dagang Pada CV Gemilang Muliatama Gemilang. Jurnal Teknik Komputer Amik BSI, 3(1), 16–23.

Taufiq, R., Ummah, R. R., Nasrullah, I., & Permana, A. A. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Penggajian Pegawai Berbasis Web di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kota Tangerang. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(4), 119–124.

Triyono, Safitri, R., & Gunawan, T. (2018). Perancangan Sistem Informasi Absensi Guru dan Staff Pada SMK Panca Karya Tangerang Berbasis Web. Ournal Sensi: Strategic of Education in Information System, 4(2), 153–167.

Tumanggor, R. P., Asril, E., & Guntoro. (2021). Sistem Informasi Absensi Karyawan Menggunakan QR Code (Quick Respon) di PT Redes Jaya Persada. JITaCS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 20–29.

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Harahap, A. N. R., & Syafina, L. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI PEGAWAI BERBASIS WEB PADA DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL PROVINSI SUMATERA UTARA. AKPEM : Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Pemerintahan, 5(2). https://doi.org/10.30606/akpem.v5i2.2196

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.