PENGARUH PERSEPSI TENTANG AKUNTANSI, PENGETAHUAN AKUNTANSI, UMUR PERUSAHAAN, SKALA USAHA, PENGALAMAN USAHA DAN PENDIDIKAN PEMILIK/ MANAJER TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUP

Authors

  • Suci Hati Program Studi Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Rina Andriani Program Studi Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Kuantan Singingi
  • Diskhamarzaweny Diskhamarzaweny Program Studi Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Kuantan Singingi

Keywords:

Persepsi Tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Umur Perusahaan, Skala Usaha, Pengalaman Bisnis dan Pendidikan Pemilik/Manajer.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Umur Perusahaan, Skala Usaha, Pengalaman Usaha dan Pendidikan Pemilik/Manajer Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data berasal dari data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Daftar Pelaku UMKM di Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Dari populasi tersebut, sampel dipilih dengan menggunakan rumus Slovine dan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa persepsi tentang akuntansi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi sebesar 22,9%. penggunaan informasi akuntansi sebesar 21,2%, umur perusahaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi, skala usaha secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi, pengalaman bisnis secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi sebesar 50,2%, pendidikan pemilik/manajer secara parsial berpengaruh signifikan sebesar 79,3%, dan persepsi mengenai akuntansi, pengetahuan akuntansi, umur perusahaan, skala usaha, pengalaman usaha dan pendidikan pemilik/manajer secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi dengan Adjusted R Square sebesar 80,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasanah, Nuramalia., Dkk. 2020. Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Indriantoro, Nur., Bambang Supomo. 2019. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2021. Akuntansi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Tambunan, Tulus TH. 2017. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Andita, Popi. 2022. Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Tentang Akuntansi, Skala Usaha, Umur Perusahaan, Dan Pendidikan Pemilik/Manajer Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Di Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Kuantan Singingi.

Ardiansyah, Febri. 2021. Pengaruh Persepsi, Pengetahuan Akuntansi Dan Pengalaman Usaha Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Di Kampar Utara. Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Astiani, Yuli. 2017. Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Program Studi Akuntansi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardiani, Sri. 2019. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi, Umur Usaha Dan Skala Usaha Pelaku Umkm Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Di Kecamatan Marpoyan Damai. Jurusan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Wibowo, Mieleni. 2022. Pengaruh Motivasi, Pengetahuan Akuntansi, Latar Belakang Pendidikan, Umur Usaha, Dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Studi Empiris Pada UMKM Di Kabupaten Gunungkidul). Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Wulandari, C., danHidayat, D. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi pada Perusahaan Kecil dan Menengah di Kota Pekanbaru. Jurnal. Vol 19 No 2..

Downloads

Published

2023-10-22

How to Cite

Hati, S., Andriani, R., & Diskhamarzaweny, D. (2023). PENGARUH PERSEPSI TENTANG AKUNTANSI, PENGETAHUAN AKUNTANSI, UMUR PERUSAHAAN, SKALA USAHA, PENGALAMAN USAHA DAN PENDIDIKAN PEMILIK/ MANAJER TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN KUANTAN HILIR KABUP. AKPEM : Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Pemerintahan, 5(2). Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/akpem/article/view/2288

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.