MENINGKATKAN KESADARAN KAUM MILENIAL DENGAN MEMAHAMI PENGHASILAN TIDAK KENA PAJAK BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI

Authors

  • Susanti Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jpmm.v3i1.2927

Keywords:

Milenial, Pajak, Penghasilan

Abstract

Generasi muda adalah merupakan cikal bakal penerus bangsa yang memerlukan wawasan tentang pajak. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yang merupakan workshop mengenai penghasilan tidak kena pajak. Saat ini banyak masyarakat di berbagai bidang yang belum mengetahui akan pemahaman tentang penghasilan tidak kena pajak, hal ini disebabkan belum adanya sosialisasi kepada masyarakat, sehingga masih ada yang belum memahaninya. Sosialisasi ini dilakukan hanya berkisar kepada lembaga usaha dan orang pribadi yang biasa dijadikan objek pajak yang menurut undang-undang. Sosialisasi belum menyebar bagi kaum milenial, pada lembaga pendidikan seperti SMA, SMK maupun pihak Universitas agar mereka paham dan mengerti mengenai penghasilan tidak kena pajak dan perhitungannya. Pemahaman ini akan tertanam dibenak siswa atau mahasiswa ketika mereka kelak sudah menjadi wajib pajak. Kegiatan workshop penghasilan tidak kena pajak telah dilaksanakan dengan baik, para peserta workshop yakni para mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Pasir Pengaraian yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Dengan diadakanya kegiatan workshop para peserta memiliki pengetahuan, pemahaman  dan mampu membuat tingkatan penghasilan tidak kena pajak, serta penghitungan tentang kasus penghasilan tidak kena pajak, sehingga dapat dipraktekkan dan diaplikasikan di lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliawati, Y., & Setiawan, S. (2017). Analisa Kenaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak Pada Penerimaan Pajak Penghasilan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 1(1), 118-126.

Batas PTKP naik, pemerintah akan kembalikan pajak. Diakses pada 28 November

, dari http://nasional.kontan.co.id/news/bat as-ptkp-naik-pemerintah-akan- kembalikan-pajak

Handoko, T. Hani. 2016. Manajemen. Yogyakarta : BPFE

Jonathan, G. (2014). Pengaruh Kenaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) Terhadap Peningkatan Daya Beli Masyarakat di Daerah Kabupaten Kediri (Studi Kasus di Desa Sambireksik Kecamatan Gampengrejo). Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 1(1).

Jonathan, G., Husaini A., & Sunarti (2014). Pengaruh Kenaikan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) Terhadap Peningkatan Daya Beli Masyarakat Di Daerah Kabupaten Kediri (Studi Kasus Di Desa Sambireksik Kecamatan Gampengrejo). Jurnal e-Perpajakan, No. 1 volume 1

Lewa, M., Kalangi, L., & Pontoh, W. (2018). Analisis Perubahan Tarif Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) Tahun 2015 dan Tahun 2016 Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan (PPH) Pasal 21 di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bitung. GOING CONCERN: JURNAL RISET AKUNTANSI, 13(03).

Malia, E., & Qoyyimah, Q. (2016). Analisis Kenaikan Ptkp sebagai Upaya Peningkatan Pertumbuhan Wajib Pajak dan Penerimaan Pajak Penghasilan di Kpp Pratama Pamekasan. In Performance (Vol. 6, No. 2, pp. 48-60). Universitas Wiraraja Sumenep.

Mardiasmo. (2009). Perpajakan. Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Susanti. (2024). MENINGKATKAN KESADARAN KAUM MILENIAL DENGAN MEMAHAMI PENGHASILAN TIDAK KENA PAJAK BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI. Tepak Sirih : Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 3(1), 29–33. https://doi.org/10.30606/jpmm.v3i1.2927