Kajian Eksperimental Kekuatan Bending Pegas Daun Colt Diesel Dengan Carburizing Menggunakan Media Bioarang

Authors

  • Ferdi Setiawan Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pasir Pengaraian
  • Yose Rizal Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pasir Pengaraian
  • Ahmad Fathoni Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Bending, Pegas Daun, Carburizing, Bioarang, Karbonisasi

Abstract

Pegas Daun digunakan untuk mengurangi getaran pada kabin kendaraan dan dapat meredam getaran kejut pada bodi kendaraan, agar kendaraan tersebut tidak mengalami guncangan akibat kondisi jalan yang bergelombang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kekuatan bending pada Pegas Daun Colt Diesel setelah dilakukan proses Carburizing. Metode ini mengambil sempel dari Pegas Daun Colt Diesel PS 135 sesuai dengan ukuran standar ASTM D790 dengan tebal 10mm, panjang 150mm, dan lebar 15mm kemudian dilakukan Carburizing selama 90 menit menggunakan Arang Tempurung Kelapa dan Arang Kayu Karet serta dilakukan pengujian Bending. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kekuatan Bending tanpa perlakuan 323,2. N/mm2, perlakuan Carburizing menggunakan Arang Tempurung Kelapa sebesar 154,37 N/mm2 dan Carburizing Arang Kayu Karet sebesar 154,57 N/mm2. Kesimpulan bahwa Kekuatan Bending terbesar diperoleh dari tanpa carburizing sebesar 323,2 N/mm2 divalidasi menggunakan Uji T

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-22