Kajian Serat Alam Sebagai Bahan Komposit Untuk Peredam Kebisingan Kenderaan Bermotor

Authors

  • Yanna Riyan Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pasir Pengaraian
  • Yose Rizal Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pasir Pengaraian
  • Ahmad Fathoni Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Komposit, Serat Ijuk, Serat Pelepah Sawit, Level Kebisingan, Knalpot Kenderaan

Abstract

Komposit adalah suatu material yang terbentuk dari kombinasi dua atau lebih material pembentuknya melalui campuran yang tidak homogen, dimana sifat mekanik dari masing-masing material pembentuknya berbeda, bahan baku yang mudah diperoleh dengan harga yang lebih murah, dan memiliki massa jenis yang lebih rendah dibanding dengan logam. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat level kebisingan yang terjadi pada knalpot sebelum peredaman dan setelah peredaman. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksprimen yaitu pembuatan komposit, pembuatan sampel, pengujian level kebisingan, serat yang digunakan adalah ijuk, pelepah sawit dan kombinasi. Kemudian spesimen dipasangkan pada knalpot kenderaan dan diuji pada putran 1000 rpm, 2000 rpm dan 3000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peredam kebisingan kenderaan bermotor menggunakan serat pelepah sawit tertinggi terjadi pada putaran 1000 rpm sebesar 78,7 dB dan terendah terjadi pada putaran 2000 rpm  sebesar 91,8 dB, sedangkan penggunaan serat ijuk diperoleh redaman tertinggi pada 2000 rpm sebesar 82,13 dB dan terendah 94,16 dB pada 3000 rpm serta penggunaan serat kombinasi tertinggi terjadi pada 2000 rpm sebesar 80,9 dB. dan terendah 91,53 dB pada 3000 rpm. Kesimpulan bahwa pelepah sawit dan serat kombinasi efektif meredam kebisingan knalpot kenderaan bermotor.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-22