Kajian Eksperimental Sifat Impak Pada Poros Roda Belakang Sepeda Motor Melalui Proses Tempering
DOI:
https://doi.org/10.30606/enotek.v2i01.1403Keywords:
Perlakuan Panas, Tempering, Impak, Poros Sepeda MotorAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu tempering terhadap kenaikan nilai impak poros roda belakang sepeda motor Supra X 125. Metodologi penelitian ini adalah dengan melakukan pengujian impak terhadap poros roda belakang sepeda motor, sebelum dan sesudah Perlakuan Panas. Perlakuan panas dilakukan pada suhu 850˚C dengan waktu 60 menit dan media pendingin yang digunakan yaitu udara, kemudian dipanaskan lagi dengan suhu 350˚C selama 15, 30, 45 dan 60 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spesimen tanpa perlakuan panas mempunyai nilai impak sebesar 2,83 J/mm². Sedangkan spesimen pada tempering 15 menit diperoleh nilai impak sebesar 2,92 J/mm², waktu tempering 30 menit nilai impak diperoleh 3,14 J/mm², waktu tempering 45 menit nilai impak sebesar 3,25 J/mm² serta waktu tempering 60 menit diperoleh nilai impak 3,07 J/mm². Kesimpulan hasil penelitian didapat bahwa nilai impak tertinggi sebesar 3,25 J/mm² pada lama waktu tempering 45 menit secara signifikan melalui Uji-T