Analisis Dan Pembuatan Chassis Tipe Ladder Frame Mobil Kmhe Urban Concept Menggunakan Metode Simulasi Dan Pahl And Beitz

Authors

  • Rizky Anggara Syinta

DOI:

https://doi.org/10.30606/enotek.v1i01.1000

Keywords:

Chassis KMHE, Autodesk Inventor, Metode Pahl and Beitz dan Simulasi

Abstract

Pembuatan mobil hemat energi kategori urban concept dengan tipe chassis ladder frame merupakan dasar penelitian dengan tahapan awal pembuatan chassis yang berfungsi sebagai landasan untuk menopang bodi kendaraan, mesin, sistem kemudi, suspensi dan komponen lainnya. Perancangan ini mendesain chassis yang ringan sesuai dengan regulasi KMHE. Chassis yang ringan mempengaruhi kerja mesin, sehingga dapat menghemat energi. Metode yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan penelitian ini adalah metode pahl and beitz. Perancangan merupakan tahapan pertama untuk melakukan suatu pengerjaan, pembuatan di awali dengan pengumpulan data, gambar, kemudian untuk mengetahui tegangan pada chassis di simulasikan menggunakan Autodesk Inventor. Hasil dari penelitian ini pada saat pengujian eksperimental menghasilkan panjang chassis 23.890 mm, berat chassis 343,35 N dan pada saat menghitung defleksi pada chassis menghasilkan nilai 0,73 mm. Pengujian teoritis menghitung chassis menghasilkan total berat 384,75 N dan pengujian simulasi menghasilkan nilai maksimal Displacement 0,6675 mm, Von Mises Stress 213,2 MPa, dan nilai minimal Safety Factor 1,29

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-02