Analisis Pendapatan Dan Strategi Pengembangan Usaha Produksi Tahu Di Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu

Authors

  • Muhammad Aldi Hasibuan Universitas Pasir Pengaraian
  • Defidelwina Universitas Pasir Pengaraian
  • Laily Fitriana Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/sungkai.v13i1.3065

Keywords:

Analisis Pendapatan, Strategi Pengembangan, Tahu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya biaya, penerimaan, pendapatan dan keuntungan usaha tahu, menganalisis lingkungan internal dan eksternal yang terdapat pada pengembangan usaha tahu dan merumuskan strategi pengembangan usaha tahu di Desa Mahato. Metode sensus digunakan untuk pengambilan sampel diperoleh sampel sebanyak 3 sampel yaitu usaha produksi tahu milik Pak Adi Saputra, usaha produksi tahu milik Pak Misdi, dan usaha produksi tahu milik Pak Asrul Adam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha produksi tahu memiliki rata-rata biaya total dalam waktu sebulan adalah sebesar Rp. 17.793.972/bulan dengan biaya implsit Rp. 384.972/bulan dan biaya eksplisit Rp. 17.409.000/bulan. Rata-rata penerimaan berjumlah Rp. 21.280.000/bulan. Rata-rata pendapatan usaha berjumlah Rp. 3.871.000/bulan. Sedangkan rata-rata keuntungan berjumlah Rp. 3.486.028/bulan. Kekuatan yang terdapat pada pengembangan usaha tahu adalah produk tidak menggunakan bahan pengawet, karyawan sudah berpengalaman, proses produksi menggunakan teknologi uap dan memiliki ketersediaan bahan baku. Kelemahan adalah perencanaan pengembangan usaha kurang maksimal, kemampuan dalam memperluas pangsa pasar sangat rendah, kurangnya promosi (sosial media), belum ada standar ukuran produk tahu, tidak memiliki label usaha.  Peluang yang terdapat pada pengembangan usaha tahu adalah banyaknya produk olahan dengan bahan dasar tahu, bertambahnya jumlah penduduk, kesadaran akan gaya hidup sehat dan perkembangan teknologi yang maju. Ancaman adalah banyaknya pengusaha menjual produk yang sejenis, munculnya varian produk tahu dari pesaing, semakin menipisnya pasokan kayu sebagai bahan bakar, meningkatnya harga kacang kedelai dan turunnya harga barang subtitusi tahu. Hasil Analisis matrik SWOT adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas produk, menggunakan sosial media sebagai media promosi untuk menambah jumlah konsumen, memperluas pangsa pasar dengan melakukan promosi di sosial media, konsisten dengan ukuran produk dengan memanfaatkan teknologi dan pemotongan produk, meningkatkan efektivitas penggunaan sumber daya, menciptakan varian produk tahu tanpa bahan pengawet dan membuat ukuran produk serta dengan varian yang beranekaragam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditama, R. R. A. (2018). Analisis Pengaruh Gaya Hidup,Persepsi Dan Acuan Kelompok Terhadap Keputusan Pembelian Pada Angkringan Modern di Kota Solo. Program Studi Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amin, M. Al, & Juniati, D. (2017). Klasifikasi Kelompok Umur Manusia Berdasarkan Analisis Dimensi Fraktal Box Counting dari Citra Wajah dengan Deteksi Tepi Canny. Jurnal Ilmiah Matematika, 2(6).

Astarani, J. (2018). Analisis Penentuan Biaya Produksi Listrik Dengan Metode Full Costing Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Barat Area Pontianak. Astarani, Juanda, 2(9), 1–30.

Hasdiana, U. (2018a). Manajemen Agribisnis. Zainal Abidin, 11(1), 1–5.

Hasdiana, U. (2018b). Perancangan Buku Ilustrasi Kuliner Angkringan dalam Upaya Mendukung Potensi Kuliner Angkringan di Daerah Pamulang Rafie. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.

Korwa, R., & Ali, M. (2017). Makalah Pengantar Bisnis Ekonomi Pertanian. Jurnal Universitas Merdeka Surabaya, 1(1), 5–15.

Paramesti, R. N., Ishaq, A. M., Naufaliansyah, M. W., Fauzi, M., Feri Tera Rosa, & Hariastuti, N. L. P. (2024). Analisa Kelayakan Usaha Angkringan Cah Enom Dengan Pendekatan Ekonomi Teknik ( Studi Kasus Angkringan , Surabaya , Jawa Timur ). Jurnal SENASTITAN IV, 1–8.

Pratiwi, N. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.

Purba, B., Rahmadana, M. F., Mukrim, M. I., & Krisnawati, A. (2023). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. July, 183.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start- Up Bisnis, 1(6), 755–764.

Suratiyah. (2009). Manajemen Usaha Tani.Pdf (p. iv + 156).

Additional Files

Published

2025-02-05

How to Cite

Muhammad Aldi Hasibuan, Defidelwina, & Laily Fitriana. (2025). Analisis Pendapatan Dan Strategi Pengembangan Usaha Produksi Tahu Di Desa Mahato Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. SUNGKAI, 13(1), 67–82. https://doi.org/10.30606/sungkai.v13i1.3065

Most read articles by the same author(s)