THE EFFECT OF PLYOMETRIC JUMP TO BOX AND DEPTH JUMP EXERCISES ON LIMB MUSCLE POWER IN EXTRACURRICULAR STUDENTS

Authors

  • ardo yulpiko putra Universitas Pasir Pangaraian
  • Muarif Arhas Putra Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Jump to Box dan Depth Jump , Power Otot Tungkai

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan daya ledak otot tungkai pada pemain masih tergolong lemah yang terlihat dari ketidak mampuan pemain untuk melakukan pergerakan yang cepat dan tepat pada saat melakukan heading, hal ini disebabkan kurangnya pembinaan dan tidak ada program latihan untuk meningkatkan power otot tungkai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Jump to Box dan Depth Jump terhadap Power otot tungkai siswa Ekstrakurikuler SMP Negeri 5 Rambah Samo. Penelitian ini merupakan penelitian metode Eksperimen Semu dilanjutkan dengan melihat kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y. populasi dalam penelitian ini adalah 20 siswa ektrakulikuler Sepakbola SMP Negeri 5 Rambah Samo dengan menggunakan teknik pengambilan Total Sampel. Penelitian ini dilakukan pada tanggal l9 Mei sampai 18 juni, bertempat di sekolah SMP Negeri 5 Rambah Samo dengan motode latihan Jump to Box dan Depth Jump dan pengambilan tes Vertical Jump. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dengan metode lilliefors, homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji t independent. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh hasil analisis pengujian Hipotesis dari Latihan Jump to Box dan Depth Jump dengan perhitungan statistik sesuai dengan formula yang digunakan (Uji t independent) diperoleh nilai thitung (4,525) > tabel (1,833) Berdasarkan skor ini maka H0 diterima dan Ha ditolak, dengan demikian dapat dikatakan: “terdapat perbedaan pengaruh antara Metode Latihan Jump to Box dengan Metode Latihan Depth Jump dimana Metode Latihan Jump to Box berpengaruh signifikan terhadap Power Otot Tungkai Siswa Ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 5 Rambah Samo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdilahtulkhaer, Muh.(2016). Pengaruh Pemberian Latihan Pliometrik Jump to Box Terhadap Perubahan Tinggi Lompatan Pada Pemain Persatuan Sepak Bola Indonesia Sulawesi (PERSIS) Bina Bola Makassar. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Arifan, Ikhwanul, Eri Barlian dan Afrizal. (2020). Pengaruh Latihan Jump To Box Terhadap Kemampuan Heading. Jurnal Performa Olahraga, 5 (1), 73–79.

Hasanah, Mufidatul. (2013). Pengaruh Latihan Pliometrik Defth Jump Dan Jump To Box Terhadap Power Otot Tungkai Pada Atlet Bola Voli Klub Tugumuda Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negri Semarang.

Narlan, Abdul dan Dicky Tri Junior. (2020). Pengukuran Evaluasi Olahraga (Prosedur Pelaksanaan Tes dan Pengukuran Dalam Olahraga Pendidikan dan Prestasi). Yogyakarta: Deepublish.

Prasetyo, Ahmad Agung.( 2018). Pengaruh Kombinasi Latihan Pliometrik Defth Jumps Dengan Dinamic Stretching Terhadap Peningkatan Power Ekstremitas Bawah Pada Pemain Bola Basket FIKES UMM. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang

Pratama, Windo dan Anton Komaini. (2020). Pengaruh Latihan Pliometrik Jump to Box dan Sit Up Terhadap Kemampuan Heading Pemain Sepakbola. Jurnal Stamina, 3 (5), 276-286.

Ropianti, Sinurat, R dan Putra, M, A. (2021). Pengaruh Latihan Plyometrik Squat Jump Terhadap Power Otot Tungkai Pada Atlet Bola Voli Club Putra Kunto

Darussalam. Journal of Sport Education And Training. 2 (2), 175.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiguna, Ida Bagus. (2017). Teori dan Aplikasi Latihan Kondisi Fisik. Depok: Rajawali Pers.

Yanti, Fika Jendri, Tono Sugihartono, dan Yahya Eko Nopiyanto. (2021). Pengaruh Latihan Depth Jump dan Jump to Box Terhadap Power Otot Tungkai Pada Siswa MA Muslim Cendikia Bengkulu tengah. SPORT GYMNASTICS: Jurnal Ilmiah P

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

yulpiko putra, ardo, & Putra, M. A. (2023). THE EFFECT OF PLYOMETRIC JUMP TO BOX AND DEPTH JUMP EXERCISES ON LIMB MUSCLE POWER IN EXTRACURRICULAR STUDENTS. Journal Of Sport Education and Training , 4(1), 36–45. Retrieved from http://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/2024

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>