Identifikasi Akuifer Disekitar DAS (Daerah Aliran Sungai) Salak Di Desa Sungai Salak Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Shclumberger

Authors

  • Ika Daruwati Universitas Pasir Pengaraian
  • Ika Daruwati Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v8i2.316

Keywords:

Aquifer, Metode Geolistrik, Konfigurasi Schlumberger, Vertical electrical sounding, IP2Win

Abstract

Telah dilakukan penelitian potensial air tanah di daerah Desa Sungai Salak Kecamatan Rambah Samo. Penelititian dilakukan dengan 24 titik pengukuran yang terbagi dalam 2 lintasan untuk mengetahui dugaan akuifer di daerah penelitian guna sebagai sumber air tambahan. Metode yang  digunakan adalah metode geolistrik tahanan jenis konfigurasi schlimberger. Metode ini di gunsksn untuk mengetahui karakteristik bawah permukaan yaitu untuk mengetahui kemungkinan adanya lapisan akuifer, umumnya yang di cari merupakan lapisan akuifer yang diapit oleh batuan kedap air. Hasil umumnya yang di cari merupakan lapisan akuifer yang berada pada dasar permukaan paling bawah. Untuk mendapatkan informasi ini dilakukan pengukuran geolistrik tahanan jenis Vertical Electrical Sounding (VES) konfigurasi Schlumberger. Penelitian ini dilakukan dengan 2 titik pengukuran. Data yang dihasilkan saat pengukuran diolah menggunakan software IPI2WIN dengan menghasilkan kurva matching 1D. Dari pengukuran dan interpretasi yang telah dilakukan dapat diperoleh hasil yaitu potensi air tanah terletak pada kedalaman 2,51 – 7,94 m dengan nilai resistivitas 9,16 - 13 Ωm, dan karakteristik penyusun lapisan batuan adalah,air tanah, batu pasir bercampur kerikil, batu kapur, dan batu lava.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-09

How to Cite

Daruwati, I. ., & Daruwati, I. . (2019). Identifikasi Akuifer Disekitar DAS (Daerah Aliran Sungai) Salak Di Desa Sungai Salak Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu Menggunakan Metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Shclumberger. Jurnal Edu Research, 8(2), 11–17. https://doi.org/10.30606/jer.v8i2.316

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.