UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANMAKE – A MACTH DI KELAS XI MIA 1 SMAN 2 RAMBAH HILIR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • feri1 sasmita SMA Negeri 2 Rambah HiliR

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.791

Keywords:

Aktivitas Siswa,, Hasil Belajar,, Metode Make - A Match.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika  tentang pokok bahasan fluida statis melalui penerapan metode pembelajaran make a match sebagai strategi pembelajaran pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir, Rokan Hulu, Riau. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus.  Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes tertulis dan observasi. Data hasil penelitian tentang Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui metode make a match sebagai metode pembelajaran dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui penerapam metode make a match  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika pada pokok bahasan fluida statis di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir, yang pada kondisi awal hasil sebelum diberi tindakan nilai rata-rata 66,29. Pada siklus I dengan pemanfaatan metode make a match sebagai metode pembelajaran adanya peningkatan sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 82, 17. Pada siklus II menunjukan peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh 89, 26.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Cet. ke-3. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mihtahul Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Model Pembelajaran Biologi SMA. Panitia Sertifikasi Guru Rayon V UNRI.
Munawar, Indra. 2009. Hasil Belajar (Pengertian dan Definisi). [Online]. Tersedia:http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar pengertian-dan-definisi.html (22 Oktober 2010)
Ramadhan, Tarmizi.2008, Pembelajaran Kooperatif Make A Match, Jakarta
http://Tarmizi_Ramadhan.Blog.com
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Soetjipto, dkk. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta
Sudrajat, Akhmat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sudrajat, Akhmad, 2008, Model Pembelajaran Inovatif.
http://Akhmad_Sudrajat.wordpress.com
--------------,2008, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). 2008.
http://Akhmad_Sudrajat.wordpress.com
--------------,2008, Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran,http://Akhmad_Sudrajat.wordpress.com
Sudjana, Nana, dkk. (1989).Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru
Suharsimi, Arikunto.(2002).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syafei, Wan, dkk. 2010. Bahan Ajar Pendidikan Dan Pelatihan Provesi Guru
Widyaningsih, Wahyu. 2008. Kel. 3 Cooperative Learning sebagai Model Pembelajaran Alternatif untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Makalah dipbulikasikan melalui http://tpcommunity05.blogspot.com. Diakses pada tanggal 26 April 2008).

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

sasmita, feri1. (2020). UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN FLUIDA STATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANMAKE – A MACTH DI KELAS XI MIA 1 SMAN 2 RAMBAH HILIR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Edu Research, 9(1), 16–21. https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.791

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.