PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA

  • Reni Tania Universitas Pasir Pengaraian
  • Welven Aida Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: Model Problem Based Learning , kemampuan berpikir kritis siswa dan pelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bangun Purba. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IX dengan jumlah siswa 44 dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas IX A dan kelas IX B yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik simple random sampling dan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah dengan cara di undi (random). Untuk memperoleh data tentang pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Instrumen penelitian yang di gunakan adalah soal berbentuk uraian. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji t-test adalah  = 4,2436 >  = 2,0190 dengan α = 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bangun Purba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Depok Sleman Yogyakarta: Kalimedia.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Melinda, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial dengan Pembelajaran Model Snowball Throwing di Universitas Pasir Pengaraian. Jurrnal Ilmiah Edu Research, 42.
Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Setiawan, I., Kuning, R., Suciati, & Mushlih, A. (2018). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Edisi Revisi 2018. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Bandung.
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sundayana, R. (2010). Statistika Penelitian dan Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Undang-undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional). Jakarta:Sinar Grafik
Published
2021-01-08
How to Cite
Reni Tania, & Welven Aida. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA. BAKOBA : Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 24-33. Retrieved from http://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/587