Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 2 Rambah Hilir

Authors

  • Santi Anggreani Universitas Pasir Pengaraian
  • Cicilia Melinda Universitas Pasir Pengaraian
  • welven aida

Keywords:

Lingkungan Belajar, Minat Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi, populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa kelas VII dan teknik sampel yang digunakan adalah total sampling serta teknik regresi linier sederhana. Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai variabel lingkungan belajar sebesar 77,6% masuk dalam kategori baik sedangkan variabel minat belajar sebesar 78,1% masuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai  4.934 >  1.670  pada taraf signifikansi 5%, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Berdasarkan koefisien determinasi yang menyatakan bahwa nilainya mempengaruhi lingkungan belajar terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS dengan nilai kontribusi 28,5% sedangan sisanya 71,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam  penelitian ini. Saran dalam penelitian ini adalah untuk selalu menciptakan lingkungan belajar  yang  kondusif, menyenangkan dan nyaman agar minat belajar siswa menjadi maksimal dan optimal khususnya pada mata pelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hadits, Nurhayati. 2014. Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Arikunto, S. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chusna Oktia Rohmah, Siti Umi Khayatun Mardiyah. 2017. Pengaruh Pengunaan Gadget dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pemelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Mariyana, Rita. Dkk. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Media Group

Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Alinea keempat

Siregar, Syofian. 2015. Satistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Wa Nurida. 2022. Pengaruh Lingkungan Beelajar Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 7 Seram Bagian Barat Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat.

Yudiaatmaja, F. 2013. Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Santi Anggreani, Cicilia Melinda, & welven aida. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 2 Rambah Hilir. Bakoba : Journal of Social Science Education, 3(2). Retrieved from http://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/2343

Most read articles by the same author(s)