Pemanfaatan Buah Pepaya Yang Terbuang, Menjadi Uang, Dengan Transfer Pengetahuan Dan Teknologi

  • Saiful Anwar Universitas Pasir Pengaraian
  • Rina Febrinova Universitas Pasir Pengaraian
  • Arrafiqur Rahman Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: Buah Pepaya;Kelompok tani sekar wangi;UKM Hita; Manisan, Selai.

Abstract

UKM Hita di  Rambah  Kabupaten Rokan Hulu telah mampu memanfaatkan buah pepaya seperti: selai, manisan basah. buah pepaya cukup sulit diperoleh oleh UKM Hita karena tidak menanam pohon pepaya dalam jumlah yang luas. Selain itu UKM Hita dalam mengolah buah pepaya masih dilakukan secara manual sehingga kapasitas produksinya masih sangat terbatas  yaitu ± 15 Kg/Jam.  Melalui program PKM(Program Kemitaraan Masyarakat)  diharapkan adanya luaran peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani buah pepaya sekar wangi dalam mengolah buah pepaya sebagai bahan baku manisan dan selai (untuk UKM Hita). Sedangkan luaran pada UKM Hita adalah adanya peningkatan kapasistas produksi yaitu  ± 75 Kg/Jam,  pengemasan yang marketable serta legalitas usaha. Keterkaitan kedua mitra PKM tersebut adalah kelompok tani Sekar Wangi berperan sebagai penyedia bahan baku buah pepaya bagi UKM Hita. Metode dilakukan dengan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan serta pelatihan untuk meningkatkan keterampilan mitra, serta introduksi teknologi untuk peningkatan kapasitas usaha kedua mitra

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS Rokan Hulu. Rokan Hulu dalam Angka. BPS Rokan Hulu. Rokan Hulu. (2014)
Jatiningsih, Ida. 2012. “Buku Panduan Cerdas Mengolah Buah Pepaya”. UGM. Tidak dipublikasikan
http://www.litbang.pertanian.go.id/buku/InoTek-Ketahanan-Pangan/Bab-VI/bab-6.1.pdf, diakses: 10/08/2018, Pukul: 1:32 Wib.
Ramadhan, Emir dan Sudarsono.” PENANGKAPAN RADIKAL 2,2-difenil-1-pikril hidrazil (DPPH) BUAH PEPAYA Carica papaya L. (Jingga)) TUA DAN MUDA”.Yogyakarta.Universitas Gajah Mada. Jurnal Trad.Med Fakultas Farmasi. Vol. 18(3), (2013) p 167-172.
Rusdiyana, E. Febrinova, R., Yunawati, Sri. “Program Ipteks Bagi Masyarakat (IBM) Pada Kelompok Tani Sekar Arum Dan UKM KITA” Jurnal Sungkai Vol.4 No.2, Edisi (Agustus 2016). Hal :56-72.
Rahayu, Septiani, Tjitraresmi, Ami.. “Review Artikel: Tanaman Pepaya (carica papaya l.) Dan Manfaatnya Dalam Pengobatan”, Sumedang. Universitas Padjajaran. Jurnal Famaka. Vol. 14, No. 1. 2016
Wati, Herlina, dan Lestari, Ema.”Optimasi Manisan Buah Pepaya Kering”. Banjarmasin. Politeknik Negeri Tanah laut. Jurnal Teknologi Agro-Industri. Vol. 3 No.1 ; (Juni 2016)
Published
2020-08-30