Sistem Manajemen Pengetahuan Untuk Perbaikan Pelayanan Pelanggan di Forenoon Cafe Araya menggunakan metode KLMSLC

Authors

  • Muhammad Nurwegiono Universitas Ma Chung
  • Adinda Abelia Universitas Ma Chung
  • Kamila Mariska Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjti.v4i1.3263

Keywords:

forenoon café araya, interaksi pelanggan, sistem manajemen pengetahuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem komentar dan informasi lokasi pada sebuah website berbasis WordPress untuk Forenoon Café. Desain penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan pengembangan berbasis perangkat lunak. Metodologi yang digunakan adalah model pengembangan sistem dengan pendekatan waterfall, yang meliputi tahap analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil utama dari penelitian ini adalah terciptanya sistem komentar yang intuitif dan fitur informasi lokasi yang memudahkan pengguna mengakses alamat serta kontak café. Hasil menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan berfungsi dengan baik sesuai kebutuhan pengguna dan mampu meningkatkan interaksi pelanggan dengan Forenoon Café. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem berbasis WordPress yang dirancang telah berhasil meningkatkan aksesibilitas dan keterlibatan pelanggan, sekaligus memberikan solusi yang efisien untuk penyampaian informasi.

Downloads

References

“kopi.” [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=DMJNCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pengertian+kopi&ots=FBAY3j8wd3&sig=lpnxQKdU2kAHC-X_sh1vmPhFdPY

“cafe.” [Online]. Available: https://www.semanticscholar.org/paper/PENGARUH-HARGA%2C-PROMOSI-DAN-KUALITAS-PELAYANAN-DI-Kurniawan/5fae8882d9772184581d62fcef7634033b480733

R. Nurcahyo and D. I. Sensuse, “Knowledge Management System Dengan Seci Model Sebagai Media Knowledge Sharing Pada Proses Pengembangan Perangkat Lunak Di Pusat Komputer Universitas Tarumanagara,” J. Teknol. Terpadu, vol. 5, no. 2, pp. 63–76, 2019, doi: 10.54914/jtt.v5i2.229.

M. Nurwegiono, S. Nurdiati, and S. H. Wijaya, “Pengembangan Sistem Manajemen Pengetahuan di Organisasi Asosiasi Alumni Program Beasiswa Amerika - Indonesia (ALPHA-I),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 3, pp. 511–520, 2020, doi: 10.25126/jtiik.2020712249.

Y. Y. . Kaawoan, S. Sentinuwo, and A. Sambul, “Rancang Bangun Sistem Manajemen Pengetahuan Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Di Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi,” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, 2017, doi: 10.35793/jti.12.1.2017.17852.

A. I. Sulaiman, “Model Komunikasi Formal dan Informal dalam Proses Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat,” J. Penelit. Komun., vol. 16, no. 2, pp. 173–188, 2013, doi: 10.20422/jpk.v16i2.38.

Asiva Noor Rachmayani, “PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN TACIT TERHADAP KINERJA ORGANISASI (STUDI PADA HOTEL BERBINTANG DI INDONESIA),” p. 6, 2015, [Online]. Available: http://e-journal.uajy.ac.id/26135/6/170323791 5.pdf

L. Lolytasari, “Pengelolaan Tacit Knowledge dan Explicit Knowledge Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” Pustakaloka, vol. 9, no. 2, 2017, doi: 10.21154/pustakaloka.v9i2.1093.

L. Setiyani, “Desain Sistem : Use Case Diagram Pendahuluan,” Pros. Semin. Nas. Inov. Adopsi Teknol. 2021, no. September, pp. 246–260, 2021, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19517

A. S. Wahyuni and A. O. . Dewi, “Persepsi Pemustaka Terhadap Desain Antarmuka Pengguna (User Interface) Aplikasi Perpustakaan Digital ïJogja"Berbasis Android,” J. Ilmu Perpust., vol. VII, no. 1, pp. 21–30, 2018, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/viewFile/22810/20855

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

[1]
M. Nurwegiono, A. Abelia, and K. Mariska, “Sistem Manajemen Pengetahuan Untuk Perbaikan Pelayanan Pelanggan di Forenoon Cafe Araya menggunakan metode KLMSLC”, RJTI, vol. 4, no. 1, pp. 72–80, Mar. 2025.

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.