Implementasi Hybrid Programming Dengan Framework Ionic Dan Capacitor Pada Sistem I-Sekolahku
DOI:
https://doi.org/10.30606/rjocs.v11i1.3043Keywords:
Hybrid Programming, Ionic, Capacitor, Syistem I-Sekolahku, Aplikasi MobileAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat telah mendorong kebutuhan akan sistem digital yang efisien, fleksibel, dan mudah diakses, terutama dalam dunia pendidikan. Sistem I-Sekolahku dirancang sebagai solusi untuk digitalisasi manajemen sekolah yang mencakup pengelolaan data siswa, jadwal, pengumuman, dan komunikasi antar pihak sekolah, siswa, dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Hybrid Programming menggunakan Framework Ionic dan Capacitor guna menciptakan aplikasi lintas platform yang dapat berjalan di Android, iOS, maupun web. Penelitian ini mengimplementasikan Hybrid Programming dengan Ionic dan Capacitor pada sistem ISekolahku untuk mempermudah akses informasi pendidikan. Ionic digunakan untuk membangun aplikasi mobile berbasis web yang dapat berjalan di platform Android dan iOS, sementara Capacitor memungkinkan interaksi dengan fitur perangkat keras. Tujuan dari implementasi ini adalah untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan data pendidikan, seperti jadwal, absensi, dan nilai, serta memfasilitasi komunikasi antara siswa, guru, dan orang tua. Diharapkan, sistem ini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan.Downloads
References
] Alotaibi, K. N., & Bull, E. (2021). The effectiveness of e-learning in adult education: A case study of community learning centers.
Education, 18(1), 1-15. https://doi.org/10.1186/s41239-02100262-4
] Hwang, G.-J., & Lai, C.-L. (2020). Facilitating and bridging out-of-class and in-class learning: An interactive e-learning approach. Educational Technology & Society,
(4), 59-71. Retrieved from https://www.j-ets.net/ETS/journals/23_4/5.pdf
] Ismail, M. H., & Hassan, R. (2020). Enhancing the learning experience in community learning
centers through e-learning platforms. 15(1), 30-45.
Retrieved from https://www.asianjde.org/ojs/index.php/AsianJDE/article/view/451
] Kintu, M. J., Zhu, C., & Kagambe, E. (2020). Blended learning effectiveness: The relationship between student characteristics, design features and outcomes.
Educational Technology in Higher Education, 17(1), 1-20. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00214-4
] Subedi, S., & Subedi, S. (2021). Implementation of e-learning in adult education: Challenges and opportunities. Journal of Learning for Development, 8(2), 233-245 Retrieved from https://jl4d.org/index.php/ejl4d/article/view/485
] Weng, C., & Tsai, C.-C. (2020). Effects of e-learning on learning outcomes: A metaanalysis of educational technology applications. Educational Research Review, 30, 100328. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100328
] Ali, M., & Ahmad, N. (2020). Adoption of e-learning during the COVID-19 pandemic: An empirical
study of students and teachers in higher education. , 25(6), 4699-4719. https://doi.org/10.1007/s10639-02010374-w
] Barbour, M. K., & LaBonte, R. (2020). State of the nation: K-12 e-learning in Canada.
Journal of E-Learning & Distance Education, 35(1), 1-20. Retrieved from https://www.ijede.ca/index.php/jde/article/view/1157
] Bond, M., Marín, V. I., Dolch, C., Bedenlier, S., & Zawacki-Richter, O. (2020). Digital transformation in German higher education: Student and teacher perceptions and usage of digital media.
(1), 1-23.
https://doi.org/10.1186/s41239-020-00218-0
] Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. (2020). Teaching and learning with technology: Effectivenrss of ICT integration in school. International Journal Of Research in Education and Science (IJRES), 6(2), 425-432. https://doi.org/10.46328/ijres.v6i2.994
] Hwang, A., & Choi, S. (2021). The effect of online learning on improving student learning experiences in higher education. Journal of Educational Computing Research, 58(5), 955-977. https://doi.org/10.1177/0735633120986328
] Mukherjee, M., & Singh, K. (2020). Implementing e-learning in rural areas: A study of challenges and strategies. Education and Information Technologies, 25(6), 5091-5110. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10273-y
] Budy Satria, Adi Prastya, Irzon Meiditra, Budi Permana Putra, Dori Gusti Alex Candra, Nurdi Afrianto, Tomy Nanda Putra, & Darmansah. (2024). Sosialisasi Revolusi Industri 4.0 Terhadap
Bidang Perkantoran Pada Siswa Jurusan Otkp Di Smks Teknologi Industri Pinggir. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(1), 48–55. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i1.341
] Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Teknik Informatika Unika Budy Satria, Adi Prastya, Irzon Meiditra, Budi Permana Putra, Dori Gusti Alex Candra, Nurdi Afrianto, Tomy Nanda Putra, & Darmansah. (2024). Sosialisasi Revolusi Industri 4.0 Terhadap Bidang Perkantoran Pada Siswa Jurusan Otkp Di Smks Teknologi Industri Pinggir. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(1), 48–55. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i1.341ST. Thomas (JTIUST), 8, 230–
] Cut, M., Yuda, F., Puspita, R., Fauziah, & Zulfikar. (2024). Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web. 10(2), 99–106.
] Fauziah, Yuda, F., Puspita, R., Mutia, C., Informasi, S., & Informasi, S. (2024). Analisis dan perancangan sistem informasi produksi buah kelapa sawit berbasis web pada koperasi mekar jaya. 10(2), 88–98.
] Gusti, D., Candra, A., Meiditra, I., Sofiati, E., Putra, B. P., Pratama, M. H., Afrianto, N., Studi, P., Informasi, S., Teknologi, I., & Gama, M. (2024). Edukasi Pemanfaatan Aplikasi Shopee Sebagai Media Promosi Pada Toko Jual Buku Sastra ( JBS ) Yogyakarta Education on the Utilisation of the Shopee Application as a Promotional Media at the Yogyakarta Literary Bookstore ( JBS ). 1(4), 212–219.
] Meiditra, I., Yuhandri, & Sumijan. (2023). Analisis Dan Perancangan Private Cloud Storage Menggunakan Metode Ids(Intrusion Detection System) Dan Ips(Intrusion Prevention System) Studi Kasus Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Padang Panjang. RJOCS (Riau Journal of Computer Science), 9(2), 124–133. https://doi.org/10.30606/rjocs.v9i2.1781
] Polgan, J. M., Eriyanto, J., Rambe, B. M., Yuda, F., Meiditra, I., Terbaik, D., & Lecturer, B. (2024).
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Di Amik Polibisnis Menggunakan Metode Moora. 13, 1999–2007.
] Rasyid, M., Yuda, F., & Puspita, R. (2024). Peizoelectric Sensor Model To Unlock Digital Doors Using Arduino Uno. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 10(3), 507–514. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v10i3.3171
] Satria, B., Surya, C., Putra, K. O., Putra, T. N., Putra, B. P., Meiditra, I., Gusti, D., Candra, A., Afrianto, N., & Prastya, A. (2024). IMPLEMENTASI UJI KOMPETENSI KEAHLIAN Implementation of Expertise Competency Test to Measure the. 6(1).
] Webqual, M. M. (2024). EVALUASI PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE PGRI RIAU DENGAN.
(2), 107–115.
] Yuda, F., Sabri, K., Dona, Puspita, R., & Rasyid, M. (2024). Sistem Informasi Akademik Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Terpadu Ujung Batu Berbasis Web. Riau Journal of Computer Science, 10(2), 82–87.
] Yuda, F. Y., Sumijan, & Yuhandri. (2023). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Untuk Pemilihan Supplier Alat Praktikum Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Berbasis Web (Studi Kasus Di SMK TERPADU UJUNGBATU). RJOCS (Riau Journal of Computer Science), 9(2), 82–90. https://doi.org/10.30606/rjocs.v9i2.1775