APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MATA PELAJARAN IPA TENTANG ANATOMI TUBUH MANUSIA
APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MATA PELAJARAN IPA TENTANG ANATOMI TUBUH MANUSIA
DOI:
https://doi.org/10.30606/rjocs.v10i1.2411Keywords:
Aplikasi Media Pembelajaran, Adobe Animate, MultimediaAbstract
SMP Muhammadiyah Rambah Hilir memiliki salah satu mata pelajaran yakni Ilmu Pengetahuan Alam. Dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam terdapat salah satu materi yang membahas tentang sistem anatomi tubuh manusia. Tujuan dari materi ini adalah agar siswa dapat belajar dan memahami sistem dan organ pada manusia. Terdapat beberapa kendala dalam proses belajar mengajar pada materi anatomi tubuh manusia yakni, minimnya media pembelajaran yang digunakan saat proses belajar mengajar sehingga membuat proses belajar mengajar kurang efektif. Salah satu solusi yang dapat menyelesaikan masalah ini adalah membangun media pembelajaran berbasis multimedia, sehingga para siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar menggunakan smartphone dan dapat memahami bagian bagian rangka manusia secara efektif. Kegiatan magang ini bertujuan untuk membangun aplikasi pembelajaran berbasis multimedia mata pelajaran IPA tentang anatomi tubuh manusia. Aplikasi ini berhasil dibangun menggunakan adobe animate, dan berdasarkan hasil perhitungan UAT menunjukkan persentase yang cukup tinggi yaitu 90,6% sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat diterima dengan baik .
Downloads
References
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Arsyad, A., & Rahman, A. (2015). Media Pembelajaran. Bab Ii Kajian Teori, 1, 23–35. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=968536#.
Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95.
Sari, M. J. A. (2021). Modul Pembelajaran Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Pendidikan Biologi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 157. http://repository.radenintan.ac.id/14965/
Galih Pradana, A., & Nita, S. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “ AMUDRA ” Alat Musik Daerah Berbasis Android Afista Galih Pradana Sekreningsih Nita. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 77–80.
Rio Indra Wardhana, 12523220. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Flora Dan Fauna Dalam Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar. 1998, 6–13. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16618.
Nanda, P. A. (2020). Simulasi Visualisasi Teknik Gerakan Yoga Dengan Metode Pengembangan Multimedia Luther-Sutopo Berbasis Mobile. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 7(2), 207. https://doi.org/10.30865/jurikom.v7i2.1944
Rahmatulloh, A., Rachman, A. N., & Anwar, F. (2019). Implementasi Web Push Notification pada Sistem Informasi Manajemen Arsip Menggunakan PUSHJS. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(3), 327. https://doi.org/10.25126/jtiik.201963936