SOSIAL MEDIA SEBAGAI MANAJEMEN BERBAGI PENGETAHUAN DALAM RANTAI PASOK

Authors

  • Razanul Al Kiramy Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Novita Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Dekra Wond Dwi Putra Dieta Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ayu Soleha Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjocs.v10i1.2306

Keywords:

COVID-19, Manajemen Berbagi Pengetahuan, SCM, SMM, Sosial Media

Abstract

Manajemen rantai pasok (SCM) menjadi sangat penting seiring dengan peningkatan transformasi digital yang mendorong perubahan globalisasi industri dan peningkatan persaingan antar rantai pasok. Peningkatan penggunaan teknologi informasi banyak dimanfaatkan oleh berbagai praktik organisasi dalam fungsi produksi, peningkatan kinerja, meningkatkan layanan pelanggan, meningkatkan kecepatan pengiriman dan mengurangi biaya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapat informasi lebih banyak terkait dampak, manfaat, dan tantangan penggunaan media sosial dalam manajemen berbagi pengetahuan dalam rantai pasokan. Metodologi yang digunakan dalam artikel ini adalah sistem literatur review dengan database pencarian dari scopus dan google scolar yang publish dari tahun 2014 sampai 2023. Hasil penelitian ini dimana platform media sosial berperan penting dalam memasarkan produk di masa pandemi COVID-19. Beberapa pelaku SCM sudah menggunakan media sosial untuk pemasaran namun masih dalam skala yang kecil dan belum terorganisir dengan baik. Uji coba optimalisasi pemanfaatan sosial media sebagai sarana pemasaran produk yang baik bagi pelaku SCM dapat menaikkan kembali angka penjualan produk SCM. Peningkatan pengetahuan dalam menerapkan digitalisasi dan SMM dalam SCM sangat diperlukan agar perusahaan dapat lebih baik dan bersaing dengan perusahaan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. García-Holgado, F. J. García-Peñalvo, Á. Hernández-García, and F. Llorens-Largo, “Analysis and improvement of knowledge management processes in organizations using the business process model notation,” Lect. Notes Bus. Inf. Process., vol. 222, pp. 93–101, 2015, doi: 10.1007/978-3-319-22204-2_9.

H. Ayatollahi and K. Zeraatkar, “Factors influencing the success of knowledge management process in health care organisations: a literature review,” Health Info. Libr. J., vol. 37, no. 2, pp. 98–117, 2020, doi: 10.1111/hir.12285.

N. N. Mba, E. Id, and E. Id, “Review of Knowledge Management in Higher Education,” Int. J. Sci. Res., vol. 4, no. 11, pp. 2062–2065, 2015, doi: 10.21275/v4i11.nov151609.

B. Yanto, A. Sudaryanto, and Hasri Ainun Pratiwi, “Data Visualization Analysis of Waste Production Volume in Every District of Tangerang Regency in 2021 Using Looker Studio and Big Query Platforms,” J. Ict Apl. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 35–40, 2023, doi: 10.56313/jictas.v2i1.239.

M. A. Wibowo and R. Waluyo, “Knowledge management maturity in construction companies,” Procedia Eng., vol. 125, pp. 89–94, 2015, doi: 10.1016/j.proeng.2015.11.014.

C. T. Carr and R. A. Hayes, “Social Media: Defining, Developing, and Divining,” Atl. J. Commun., vol. 23, no. 1, pp. 46–65, 2015, doi: 10.1080/15456870.2015.972282.

A. A. Alalwan, N. P. Rana, Y. K. Dwivedi, and R. Algharabat, “Social media in marketing: A review and analysis of the existing literature,” Telemat. Informatics, vol. 34, no. 7, pp. 1177–1190, 2017, doi: 10.1016/j.tele.2017.05.008.

H. Shakerian, H. D. Dehnavi, and F. Shateri, “A Framework for the Implementation of Knowledge Management in Supply Chain Management,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 230, no. May, pp. 176–183, 2016, doi: 10.1016/j.sbspro.2016.09.022.

S. K. Patil and R. Kant, “A fuzzy AHP-TOPSIS framework for ranking the solutions of Knowledge Management adoption in Supply Chain to overcome its barriers,” Expert Syst. Appl., vol. 41, no. 2, pp. 679–693, 2014, doi: 10.1016/j.eswa.2013.07.093.

A. V Salendar and S. T. Raharjo, “HUBUNGAN ANTARA TRANSISI PEMASARAN DARI PEMASARAN TRADISIONAL KE PEMASARAN DIGITAL DENGAN VOLUME PENJUALAN (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Tangerang),” J. Stud. Manaj. Organ., vol. 19, no. 2, pp. 72–80, 2022.

H. Madiistriyatno and Alwiyah, “Media Sosial dalam Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan: Eksplorasi Masa Depan,” J. MENTARI Manajemen, Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 31–42, 2023, doi: 10.33050/mentari.v2i1.372.

G. Ghozali, “Jaringan Internet Dan Sosial Media Dalam Rantai Pasokan Dan Logistik: Perkembangan Dan Topik Yang Muncul,” Media Mahard., pp. 500–520, 2020.

A. Emmanuel Widjaja, S. Yumna, A. Ashar, K. Lumpur, and B. Dan Akuntansi, “Karya ini berlisensi di bawah Creative Commons Attribution 4.0 (CC BY 4.0) Model Manajemen Pemasaran Strategis Baru untuk Kekhususan E-Commerce dalam Rantai Pasokan,” vol. 2, no. 1, pp. 65–72, 2023.

G. Mugurusi, E. B. H. Korsen, and A. Eshaghzadeh, “Defining and measuring supply chain digitalization: A systematic literature review,” 2021 IEEE Technol. Eng. Manag. Conf. - Eur. TEMSCON-EUR 2021, 2021, doi: 10.1109/TEMSCON-EUR52034.2021.9488646.

D. I. E. R. A. Industri, M. Mujtaba, and M. Zuana, “460805-None-2E45E968,” vol. 06, no. 02, pp. 1–24, 2022.

D. Daniaty, B. Firmansyah, A. Ardiansyah, and T. Efendi, “Analisis Bibliometrik pada Penerapan Artificial Intelligence di Smart Manufacturing,” Semin. Nas. Off. Stat., vol. 2022, no. 1, pp. 491–506, 2022, doi: 10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1120.

D. Adhairani Nasution and N. Aslami, “Pembentukan Sistem Informasi Kafe/Restoran Dengan Menggunakan Metode Supply Chain Management,” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya, Teknol. dan Pendidik., vol. 1, no. 8, pp. 1437–1444, 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i8.187.

“Agus Sulaksono,” vol. 2, no. 2, pp. 106–119, 2022.

F. Yuswantoro, N. Oktaria, and H. Mujoko, “Peran Implementasi E-Procurement dan Inovasi Supply Chain Terhadap Kinerja Supply Chain Industri Pertahanan Pada Era Digital,” J. Ind. Eng. & Manag. Res., vol. 3, no. 6 SE-Articles, pp. 7–16, 2022.

Sherlywati, “Urgensi Penelitian Manajemen Rantai Pasok :,” J. Manaj. Maranatha, vol. 17, no. 2, pp. 147–162, 2018.

M. Ridwan and M. Rizal Gaffar, “Efisiensi Persediaan Dan Distribusi Melalui Integrasi Supply Chain Management,” Appl. Bus. Adm. J., vol. 1, pp. 36–44, 2022.

Z. Yu, M. Waqas, M. Tabish, M. Tanveer, I. U. Haq, and S. A. R. Khan, “Sustainable supply chain management and green technologies: a bibliometric review of literature,” Environ. Sci. Pollut. Res., vol. 29, no. 39, pp. 58454–58470, 2022, doi: 10.1007/s11356-022-21544-9.

A. Genovese, A. A. Acquaye, A. Figueroa, and S. C. L. Koh, “Sustainable supply chain management and the transition towards a circular economy: Evidence and some applications,” Omega (United Kingdom), vol. 66, pp. 344–357, 2017, doi: 10.1016/j.omega.2015.05.015.

Shashi, P. Centobelli, R. Cerchione, and M. Ertz, “Agile supply chain management: where did it come from and where will it go in the era of digital transformation?,” Ind. Mark. Manag., vol. 90, no. July, pp. 324–345, 2020, doi: 10.1016/j.indmarman.2020.07.011.

Y. M. Yousif Alsharidah and A. Alazzawi, “Artificial Intelligence and Digital Transformation in Supply Chain Management A Case Study in Saudi Companies,” 2020 Int. Conf. Data Anal. Bus. Ind. W. Towar. a Sustain. Econ. ICDABI 2020, pp. 21–26, 2020, doi: 10.1109/ICDABI51230.2020.9325616.

D. G. Schniederjans, C. Curado, and M. Khalajhedayati, “Supply chain digitisation trends: An integration of knowledge management,” Int. J. Prod. Econ., vol. 220, no. July 2019, p. 107439, 2020, doi: 10.1016/j.ijpe.2019.07.012.

B. Yanto, W. Eka Putra, and F. Erwis, “Visualization of Covid-19 Data in Indonesia in 2022 through the Google Data Studio Dashboard,” J. Ict Apl. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 29–34, 2023, doi: 10.56313/jictas.v2i1.237.

Additional Files

Published

31-01-2024

How to Cite

[1]
R. Al Kiramy, N. Sari, D. W. D. Putra Dieta, and A. Soleha, “SOSIAL MEDIA SEBAGAI MANAJEMEN BERBAGI PENGETAHUAN DALAM RANTAI PASOK”, RJOCS , vol. 10, no. 1, pp. 7–13, Jan. 2024.