PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KEPENUHAN HULU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Authors

  • Wawan Erfisal Student Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pengaraian
  • Luth Fimawahib Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjocs.v9i1.1762

Keywords:

Media Pembelajaran Berbasis, SMP, IPS

Abstract

Dari hasil observasi magang yang dilakukan pada bulan Juli-Oktober 2022, yang menjadi permasalahan di SMP Negeri 1 Kepenuhan Hulu adalah masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran ceramah, modul dan buku. Hal tersebut yang menjadikan minat belajar siswa menurun, siswa menjadi pasif dan mudah bosan. Saat ini jarang sekali guru yang menggunakan media pembelajaran interaktif dan efektif, seperti halnya media pembelajaran berbasis multimedia salah satunya adalah web. Adapun penyampaian materi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web memiliki manfaat dan keuntungan tersendiri bagi siswa. Dengan menggunakan media ini maka proses belajar mengajar ini menjadi lebih menyenangkan, memiliki unsur interaktifitas yang lebih tinggi, dan menjadikan siswa mengingat pelajaran lebih banyak, sehingga prestasi dan minat belajar siswa meningkat. Pada sistem ini menu hanya dapat diakses oleh admin dan user. Dalam penulisan ini selain memaparkan kajian teori yang digunakan sebagai dasar penyusunan juga akan dibahas mengenai perancangan aplikasi berbasis web dengan menggunakan PHP dan MYSQL. Aplikasi pendataan UMKM Rokan Hulu diharapkan dapat mempermudah Kamar Dagang dan Industri dalam pengelolaan dan pendataan yang saat ini sudah mencapai 80% data dari 100% yang sudah di Input pada aplikasi. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan Blackbox bahwa aplikasi ini layak dan di terima

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).

[Hati, S. T. (2018). Hubungan Antara Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ips (Sumber Dan Materi Ips). IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2(1).

Iskandar, J. (2019). Implementasi sistem manajemen keuangan pendidikan. Idaarah, 3(1), 114-123.

Lestari, W. I., & Hernawan Sulistyanto, S. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII (Doctoral dissertation, Univers

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data PKL (Praktek Kerja Lapangan) Di Devisi Humas Pada PT Pegadaian. Jurnal Intra Tech, 2(2), 12-26.

Ayu, F., & Sholeha, W. (2019). Rancang bangun sistem informasi penjadwalan mata pelajaran berbasis web pada smart center pekanbaru. Jurnal Intra Tech, 3(1), 38-48.

Haerulah, E., & Ismiyatih, S. (2017). Aplikasi E-Commerce Penjualan Souvenir Pernikahan Pada Toko “XYZ”. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 4(1).

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car. Jurnal Intra Tech, 2(2), 64-77.

Loveri, T., Kom, S., & Kom, M. (2018). Perancangan Sistem Informasi Delivery Order Pupuk Merk Trubus Berbasis Web Pada CV. Prabu Siliwangi Padang. Jurnal J-Click, 5(1), 98-106.

Rochman, A., Sidik, A., & Nazahah, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web di SMK Al-Amanah. Jurnal Sisfotek Global, 8(1).

Simatupang, J., & Sianturi, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online. Jurnal Intra Tech, 3(2), 11-25.

[Sukrianto, D., & Alhafizh, M. D. (2019). Pemanfaatan Teknologi Berbasis Web Sistem Informasi Koperasi Syariah Pada Pengadilan Agama Pekanbaru. Jurnal Intra Tech, 3(2), 42-53.

Agusli, R., Sutarman, S., & Suhendri, S. (2017). Sistem Pakar Identifikasi Tipe Kepribadian Karyawan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Sisfotek Global, 7(1).

[Marlina, M., & Masnur, M. (2021). Aplikasi E-Learning Siswa Smk Berbasis Web. Jurnal Sintaks Logika, 1(1), 8-17.

Novendri, M. S., Saputra, A., & Firman, C. E. (2019). Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan Php Dan Mysql. lentera dumai, 10(2).

Parit, J., Hulu, T., & Riau, T. (2019). Perancangan sistem informasi e-jurnal pada prodi sistem informasi diuniversitas islam indragiri.

Surojudin, N. (2018). Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku Pada PT. Takahashi Spring Indonesia Dengan Menggunakan Metode Waterfal. Jurnal SIGMA, 8(1), 52-59.

Umagapi, D., & Hasan, S. (2018). Sistem Informasi Pengendalian Internal Prosedur Pencatatan Akuntansi Penggajian Pada PT. Halmahera Karya Timur Persada Menggunakan Visual Studio. IJIS-Indonesian Journal On Information System, 3(2).

Yulianti, L., Prahasti, P., & Sari, V. N. (2020). Aplikasi Sarana Prasarana Pendidikan Pada SMKN 4 Kota Bengkulu Menggunakan Pemrograman Visual Basic. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 16(2).

Yanto, B., & Putra, A. S. (2017). Sistem Informasi Buku Tamu Front End Berbasis Android Pada Badan Pusat Statistik Rokan Hulu. Journal Of Computer Science, 4(1).

Yanto, B., & Sari, R. P. (2019). Elektronik Pembelajaran Semester (E-RPS) Berbasis Web Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pasir Pengaraian. Riau Journal Of Computer Science, 05(02).

Putra, I. S., Ferdinandus, F. X., & Bayu, M. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Pernikahan Dengan Metode Saw Berbasis Web. CAHAYAtech, 8(2), 136-149.

Downloads

Published

31-01-2023

How to Cite

[1]
W. Erfisal and L. Fimawahib, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KEPENUHAN HULU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ”, RJOCS , vol. 9, no. 1, pp. 58–65, Jan. 2023.