IMPLEMENTASI QR CODE UNTUK EFESIENSI ANTRIAN MAKAN SANTRI DI PONPES RIYADHUL ULUM UJUNGBATU

Authors

  • Irhan Agus Setiadi Student Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pengaraian
  • Asep Supriyanto Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjocs.v9i1.1760

Keywords:

Database, PHP, Pondok Pesantren, QR-Code, Website

Abstract

Website atau disingkat web, dapat diartikan sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang berisi informasi dalam bentuk data digital baik berupa teks, gambar, video, audio, dan animasi lainnya yang disediakan melalui jalur koneksi internet. Salah satu bahasa pemrograman yang dipakai adalah PHP. PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor yang merupakan server-side programing, yaitu bahasa pemrograman yang diproses di sisi server. Fungsi utama PHP dalam membangun website adalah untuk melakukan pengolahan data pada database. Data website akan dimasukkan ke database, diedit, dihapus, dan ditampilkan pada website yang diatur oleh PHP. Hal ini sangat dibutuhkan bagi lembaga-lembaga yang menginginkan data lembaga tersebut tersimpan, dan tertata dengan baik dan rapi, sehingga mudah dikelola, dan dimanfaatkan dengan maksimal. Salah satu lembaga yang sangat membutuhkan adalah Pondok Pesantren Riyadhul Ulum Ujungbatu. Lembaga ini memiliki masalah terkait penyimpanan data yang belum tertata dengan rapi, salah satunya adalah data absensi makan santri Pondok Pesantren Riyadhul Ulum Ujungbatu, yang menyebabkan antrian makan yang tidak efesien sehingga menimbulkan masalah yang menyebabkan kegiatan-kegiatan lain menjadi terkendala. Maka solusi dari permasalahan ini adalah dibuatkan aplikasi absensi makan santri menggunakan QR Code berbasis website untuk mengoptimalkan antrian makan santri Pondok Pesantren Riyadhul Ulum Ujungbatu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Syafe’i, “Pondok pesantren yang melembaga di masyaraka satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia . Awal kehadiran Boarding School bersifat tradisional untuk mendalami ilmu-ilmu agama Isl,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. I, pp. 61–82, 2017.

F. Hayati, “Pesantren sebagai Alternatif Model Lembaga Pendidikan Kader Bangsa,” Mimbar, vol. XXVII, no. 2, pp. 157–163, 2011.

A. Priyambodo, K. Usman, and L. Novamizanti, “Implementation of Android-Based Qr Code in the Presence System,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 5, pp. 1011–1020, 2020, doi: 10.25126/jtiik.202072337.

G. Wibisono and W. E. Susanto, “Perancangan Website Sebagai Media Informasi dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo,” J. Evolusi, vol. 6, no. 2, pp. 46–55, 2015.

R. Hidayat, Cara praktis membangun website gratis. Elex Media Komputindo, 2010.

N. Ani, R. Deby, M. P. Nugraha, and R. Munir, “Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari Data Berbentuk Image,” Konf. Nas. Inform. – KNIF 2011, pp. 148–155, 2011.

A. Qashlim and Hasruddin, “Implementasi Teknologi QR-Code Untuk Kartu Identitas,” Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2015, doi: -.

S. Santoso and R. Nurmalina, “Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut),” J. Integr., vol. 9, no. 1, pp. 84–91, 2017.

A. Josi, “Penerapan Metode Prototyping Dalam Membangun Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang),” Jti, vol. 9, no. 1, pp. 50–57, 2017.

T. Yuliano, “Pengenalan PHP,” Ilmiu Komput., pp. 1–9, 2017.

Yanto, B., & Putra, A. S. (2017). Sistem Informasi Buku Tamu Front End Berbasis Android Pada Badan Pusat Statistik Rokan Hulu. Journal Of Computer Science, 4(1).

Yanto, B., & Sari, R. P. (2019). Elektronik Pembelajaran Semester (E-RPS) Berbasis Web Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pasir Pengaraian. Riau Journal Of Computer Science, 05(02).

Downloads

Published

31-01-2023

How to Cite

[1]
I. Agus Setiadi and A. . Supriyanto, “IMPLEMENTASI QR CODE UNTUK EFESIENSI ANTRIAN MAKAN SANTRI DI PONPES RIYADHUL ULUM UJUNGBATU”, RJOCS , vol. 9, no. 1, pp. 35–44, Jan. 2023.