PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN PAI

Authors

  • Satria Riki Mustafa Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pengaraian
  • Abu Bakar Student Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjocs.v9i1.1740

Keywords:

Adobe Animate, Aplikasi Media Pembelajaran, Multimedia

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu cara atau alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Pengenalan media pembelajaran di SMP Muhammadiyah Rambah Hilir ini dapat membantu dalam bidang Pendidikan sebagai media ilmu pengetahuan. Hal ini dilakukan untuk merangsang pola pembelajaran agar dapat menunjang keberhasilan dari proses belajar mengajar. Sehingga kegiatan belajar mengajar dapat efektif untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Kegiatan magang ini bertujuan untuk membangun aplikasi pembelajaran berbasis multimedia mata pelajaran Pendidikan agama islam. Aplikasi  ini berhasil dibangun menggunakan adobe animate, dan berdasarkan hasil perhitungan UAT menunjukkan persentase yang cukup tinggi yaitu 90,6% sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat diterima dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, J., Ismail, I. E., Kom, S., & Kom, M. (2021). Unit Testing dan User Acceptance Testing pada Sistem Informasi Pelayan Kategorial Pelayanan Anak.

Erlita Ar. (2020). Tinjauan Pustaka Dan Dasar Teori 2.1 Tinjauan Pustaka.

[Fauziah D. (2018). Android Adalah Sebuah Sistem Operasi Untuk Perangkat Mobile Berbasis Linux Yang Mencakup Sistem Operasi, Middleware Dan Aplikasi. (Nazruddin Safaat H, 2012:1).

GL Nurhakim. (2022). Landasan Teori 2 Definisi 4.7 Unifield Modeling Language (UML).

Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (2021). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran │Media Pembelajaran.

M Rizki Soleh, S Nurajizah, & S Muryani. (2019). Perancangan Animasi Interaktif Prosedur Merawat Peralatan Multimedia pada Jurusan Multimedia SMK BPS&K II Bekasi. Jurnal Teknologi Dan Informasi. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2

MAB Pattiasina. (2019). LANDASAN TEORI 2.1. Adobe Animate CC, merupakan bagian dari Adobe grafis dan software publishing yang bisa digunakan untuk melakukan desain web dan membuat animasi HTML yang interaktif.

MI Firmansyah. (2019). Pendidikan Agama Islam, Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi (1).

Mildawati T. (2022). Teknologi Informasi Dan Perkembangannya.

Yanto, B., & Putra, A. S. (2017). Sistem Informasi Buku Tamu Front End Berbasis Android Pada Badan Pusat Statistik Rokan Hulu. Journal Of Computer Science, 4(1).

[Yanto, B., & Sari, R. P. (2019). Elektronik Pembelajaran Semester (E-RPS) Berbasis Web Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pasir Pengaraian. Riau Journal Of Computer Science, 05(02).

Downloads

Published

31-01-2023

How to Cite

[1]
S. R. . Mustafa and A. Bakar, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN PAI”, RJOCS , vol. 9, no. 1, pp. 45–52, Jan. 2023.