Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kelinci Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Temporal Association Rule

Authors

  • Erni Rouza Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pangaraian
  • M. Riski Alfares Student, Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pangaraian
  • Riri Anjeli Student, Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pangaraian
  • Bayu Ramadhan Azhari Student, Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pangaraian
  • Veldy Harnanda Student, Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pangaraian

Keywords:

Kelinci, Sistem Pakar, Diagnosa, dan Fuzzy Temporal Association Rule.

Abstract

Kelinci merupakan hewan mamalia yang dapat ditemukan dibanyak bagian belahan bumi.Saat ini sejumlah jenis kelinci menjadi hewan peliharaan dan hewan pedaging. Populasi kelinci sudah mulai banyak yang menjadikan hewan ternak kemudian ada juga yang minat akan budi daya kelinci karena kelinci merupakan hewan yang dapat dengan mudah berkembang biak, oleh karena itu para peternak harus semakin berhati-hati akan Kesehatan hewan peliharaan tersebut, karena kelinci sama seperti hewan ternak lainnya yang memiliki banyak jenis penyakit. Aplikasi system pakar diagnose penyakit pada kelinci menggunakan metode Fuzzy Temporal Association Rule telah berhasil dirancang dan diimplementasikan dalam bentuk aplikasi berbasis web yang mampu menjadi trobosan terbaru untuk mendiagnosa penyakit pada kelinci serta solusi penanganannya. Berdasarkan dari hasil konsultasi yang telah dimasukkan sampel pengujian maka didapatkan lah hasil akhir perhitungan metode Fuzzy Temporal Association Rule disetiap tipe penyakit pada kelinci dengan K = 5,maka hasilnya adalah penyakit radang Susu/Mastitis (P3) dengan persentase sebesar 28%. Berdasarkan pengujian UAT kepada 10 responden maka didapatkanlah hasil bahwa pengguna yang menjawab pertanyaan dengan jawaban Ya sebesar 81%, tidak sebesar 4% dan ragu-ragu sebesar 6%. Maka ditarik kesimpulan bahwa aplikasi system pakar diagnose penyakit pada kelinci menggunakan isi metode Fuzzy Temporal Association Rule sangat bermanfaat dan biasa dijadikan sebagai acuan sebelum penanganan lebih lanjut ke Dokter Hewan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

vol. 2, no. 1, pp. 22-32, 2013, doi: 10.12928/jstie.v2IL.2594

] H. L. Hakim and E. Z. Astuti, “ Sistem Pakar Untuk Mengdiagnosa Penyakit Kelinci Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining”, Techno.Com, vol. 15, no. 3, pp. 190-194, 2016, [Online]. Available: http:journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/article/view/2594.

] Putri, Anggia Dasa, Effendi. “Fuzzy Logic untuk Menentukan LOkasi Kios Terbaik Di Kepril Mall Dengan Menggunakan Metode Sugeno”. Jurnal Edik Informatika, vol.3,2017.

] Wibowo, Setyoningsih. “Penerapan Logika Fuzzy Dalam Penjadwalan Waktu Kuliah”. Jurnal Informatika, UPGRIS, vol 1, juli 2015.

] Komariyah, Siti, Riza M. Yunus, Saandi Fajar Rodiyansyah. “Logika Fuzzy Dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa”. Jurnal Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Majalengka, 2016.

] Tjahjo, Wahju. “Metode Temporal Association Rules Untuk Menemukan Pola Aturan Temporal Pada Data Penjualan Super Market Mulia Godean Sleman”. Tesis. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta; 2013

] Fauzy, Mohamad, Kemas Rahmat Saleh W, Ibnu Asror. “Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pda Simulasi Prediksi Hujan Wilayah Kota Bandung”. Jurnal Teknologi Informasi Terapan, Volume 2, No 2, 15 April 2016.

] Rouza, Erni. “Penerapan Fuzzy Multidimensional Association rule Untuk Menganalisa Kelayakan Pemberian Kredit Plus Kepada Calon”. Skripsi, 2011.

Downloads

Published

30-01-2022