Mobile Commerce Pendistribusian Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) CV Cahaya Jiwa Sejahtera Di Kabupaten Gorontalo

Authors

  • Sulistiawati Ahmad Universitas Ichsan Gorontalo
  • M. Salim STMIK Ichsan Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjocs.v8i01.1186

Keywords:

Android, Distribusi, Mobile Commerce, UMKM

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membuka peluang untuk melakukan transaksi bisnis melalui telepon seluler. Perdagangan melalui seluler inilah yang disebut dengan m commerce. Menggunakan teknologi informasi untuk mencapai efisiensi dalam berbagai aspek pengelolaan informasi, yang diwujudkan dalam kecepatan dan ketepatan waktu pemrosesan, serta keakuratan dan kebenaran informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi e-commerce Android yang mempermudah distribusi produk usaha mikro kecil dan menengah karena penjualan dilakukan dalam bentuk tunai dan piutang serta pembelian bisa dilakukan dalam bentuk ritel dan grosir, agar mudah mengelola data distribusi. Penelitian menggunakan metode Research and Development yang dimulai dari menganalisis data hingga implementasi. Hasil dari penelitian adalah pelanggan dapat melihat pembelian langsung yang dilakukan pada perangkat mobile dengan memilih beberapa menu yang disediakan dan menyelesaikan transaksi pembayaran. CV Cahaya Jiwa Sejahtera juga dapat mengelola data penjualan dan laporan keuangan secara efisien dan efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Juniati and Ju. N. Irawan, “Sistem Informasi Geografis Pondok Pesantren Berbasis Web Di Wilayah Kota Bekasi,” IC-Tech, vol. 14, no. 1, pp. 95–99, 2019.

F. Listianto and R. Irviani and kasmi, “AplikasiI E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Industri Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo,” Teknol. Accept. Model, vol. VIII, no. 1, pp. 146–152, 2017.

A. M. Rakanita, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak,” J. Ekbis, vol. 20, no. 2, p. 1280, 2019, doi: 10.30736/ekbis.v20i2.237.

A. Endriastuti and M. P. Permatasari, “PELATIHAN PEMASARAN, PEMBERDAYAAN TOKO ONLINE, DAN PENGENALAN m-commerce PADA PRODUK UNGGULAN JAGUNG TORTILADI KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO,” Martabe J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, p. 56, 2018, doi: 10.31604/jpm.v1i2.56-66.

B. Yanto and A. S. Putra, “Sistem Informasi Buku Tamu Front End Berbasis Android Pada Badan Pusat Statistik Rokan Hulu,” J. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, 2017.

S. M. Andini, D. Aribowo, and M. Fatkhurrokhman, “Pengembangan Sistem Informasi Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Berbasis Android di Dinas Perdaginkop dan UMKM Kota Serang-Banten,” JUPITER (Jurnal Pendidik. Tek. Elektro), vol. 05, no. 2, pp. 24–30, 2020.

P. D. Sugiyono, Metode penelitian dan pengembangan, Cet 4 tahu. Bandung: Alfabeta, 2019.

Sugiono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan research and development. Bandung: Alfabeta, 2017.

G. Tabroni, “Metode Penelitian Deskriptif: Pengertian, Langkah & Macam - serupa.id,” Serupa.id. .

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2008.

Shalahuddin and Sukamto, Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Informatika Bandung, 2018.

Downloads

Published

30-01-2022