PENGARUH LATIHAN CIRCUIT TRAINNING TERHADAP KONDISI FISIK ATLET DALAM OLAHRAGA SEPAKBOLA PADA KLUB PSKD KECAMATAN KUMUN DEBAI

Authors

  • Muhammad Hidayat Z Muhammad Hidayat Z STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

Keywords:

Latihan Circuit Training, Kondisi Fisik, Atlet Sepak Bola

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan Circuit Training terhadap kondisi fisik atlet dalam olahraga sepakbola klub PSKD Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah 22. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, Alasan menggunakan teknik purposive sampling adalah karena tidak semua populasi yang memiliki kriteria yang sesuai dengan apa yang ingin diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Debai Kecamatan Kumun Debai Kota Sungai Penuh dan untuk lapangan tempat penilitian di lakukan di lapangan Telago Batuah Desa Semerah di karenakan lapangan sepakbola di desa Debai masih dalam tahap pembangunan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 18 kali pertemuan. Oleh karena itu, penulis memilih teknik purposive sampling yang menetapkan pertimbangan-pertimbangan atau kriteria-kriteria tertentu yang harus dipenuhi sebanyak 15 sampel. Instrumen tes yang digunakan adalah VO2Max(bleeptest), Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan hasil thitung 10,34 lebih besar dari ttabel 1,76  maka dapat disimpulkan terdapat  pengaruh Latihan Circuit Training terhadap kondisi fisik atlet sepakbola klub PS Debai Kota Sungai Penuh, Terdapat adanya perbedaan terhadap kondisi fisik atlet sepakbola klub PSKD Kecamatan Kumun Debai antara sebelum dan sesudah diterapkan Latihan Circuit Training merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang menyakinkan (signifikan), Dari data tes awal dan tes akhir mengalami kenaikan sebanyak 29%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, A. (2013). Manajemen Kebugaran. Padang: Sukabina Press.

_______ (2012). Olahraga Kebugaran Jasmani. Padang: Sukabina Press.

Bafirman. (2013). Fisiologi Olahraga. Malang: Wineka Media.

________ (2010). Pembentukan Kondisi Fisik. Padang: Wineka Media.

Budiwanto, S. (2012). Metodologi Latihan Olahraga . Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Emral. (2016). Sepakbola Dasar. Padang: Sukabina Press.

Eka, D. (2017). Doni Football Basic Technique Training Mode. Padang : Universitas Negeri Padang

Harsono. (1988). Coaching dan Aspek-aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Jakarta.

Satria, M. (2018). Pengaruh Latihan Circuit Training Terhadap Peningkatan Daya Tahan Aerobik Pemain Sepakbola Universitas Bina Darma. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi ISSN 1979-8598 Vol.11 No.1,Juni 2018,36-48 , 39.

Sudijono, A. (1987). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja grafindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penilitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Republik Indonesia, UU Nomor 3 Pasal 4 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional

Yulifri. (2012). Permainan Sepakbola. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang .

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Muhammad Hidayat Z, M. H. Z. (2022). PENGARUH LATIHAN CIRCUIT TRAINNING TERHADAP KONDISI FISIK ATLET DALAM OLAHRAGA SEPAKBOLA PADA KLUB PSKD KECAMATAN KUMUN DEBAI. Journal Of Sport Education and Training , 3(2), 165–171. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/1516