HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PEMAIN PERSATUAN SEPAK BOLA MUARA MUSU

Authors

  • Muhammad Alfarozy Muara musu
  • Masdi Janiarli Universitas Pasir Pengaraian
  • Ridwan Sinurat Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Indeks Massa Tubuh, Kemampuan Menggiring Bola

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kecepatan kemampuan menggiring bola pada pemain persatuan sepak bola muara musu, hal ini disebabkan karena kurangnya latihan menggiring bola dan juga kurangnya kesadaran pemain untuk tetap menjaga berat badan agar tetap ideal serta sarana dan prasarana yang kurang memadai dan pelatih juga sering tidak hadir pada saat latihan.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Indeks Massa Tubuh dan Kemampuan Menggiring Bola.Penelitian ini menggunakan dua variabel.Variabel bebas adalah Indeks Massa Tubuh sedangkan variabel terikat Kemampuan Menggiring Bola. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemain Persatuan Sepakbola Musu Sekitar Desa Muara Musu yang berjumlah 15 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 15 orang dan data yang diambil dalam penelitian ini adalah teknik Total Sampling.Penelitian ini dilakukan pada hari Selasa 22 Juni 2021 dilapangan Ismail Desa Muara Musu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji normalitas dan uji hipotesis.
Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa Indeks Massa Tubuh mempunyai kaitan dengan Kemampuan Menggiring Bola, ini terjadi karena semakin tinggi Indeks Massa Tubuh seorang pemain maka kemampuan menggiring bola semakin lambat dan begitupun sebaliknya semakin rendah Indeks Massa Tubuh seorang pemain maka kemampuan menggiring bola akan
semakin cepat. Adanya kaitan dari Indeks Massa Tubuh terhadap kemampuan Menggiring Bola pada Pemain Persatuan Sepakbola Muara Musu, dibuktikan dengan besarnya nilai rhitung = 0,950 > rtabel = 0,514.
Kesimpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara Indeks Massa Tubuh dengan Kemampuan Menggiring Bola pada pemain persatuan sepak bola muara (mempunyai hubungan yang berarti).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sarwono (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:Graha Ilmu. ISBN: 979-756-146-1.

Setyawati & Hartini (2018). Dasar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Deepublish. ISBN: 978-602-475-742-7.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta. ISBN: 978-602-289-189-5.

Widiastuti (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga.: PT Bumi Timur Jaya

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Alfarozy, M., Masdi Janiarli, & Ridwan Sinurat. (2022). HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PEMAIN PERSATUAN SEPAK BOLA MUARA MUSU. Journal Of Sport Education and Training, 2(2), 182–190. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/joset/article/view/1125