UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG MELALUI ALAT PERAGA KUBUS SATUAN

Authors

  • Sumiatun SD Negeri 010 Kepenuhan Hulu

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v11i1.1339

Abstract

Penelitian ini dengan Penelitian Tidakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 2 siklus, metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V, indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika siswa yang menguasai materi lebih 75%. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan menentukan volume kubus mencapai rata-rata 63,52 pada sikuls I dan 79,11 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan ketrampilan menghitung volume kubus. Dari hasil pengamatan juga dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran.Saran,yang dapat disampaikan kepada guru kelas V agar menggunakan alat peraga kubus satuan dalam mengajarkan materi menentukan volum kubus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pedagogik, 71-89.

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 34-40.

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 1-15.

Kania, N. (2017). Efektivitas Alat Peraga Konkret terhadap Peningkatan Visual Thinking Siswa. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 64-71.

Kristiani, N., & Prasetyo, Z. K. (2016). Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Penggunaan Media Benda Konkret pada KElas V SD Timuran. Jurnal Prima Edukasia, 163-175.

Nasaruddin. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Al-khawarizmi, 21-30.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 49-60.

Sagita, M., & Kania, N. (2019). Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan. FKIP UNMA.

Sutrisno, P. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok Melalui Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan dalam Pembelajaran Matematika. Journal Civics dan Social Studies, 21-35.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Sumiatun. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG MELALUI ALAT PERAGA KUBUS SATUAN . Jurnal Edu Research, 11(1). https://doi.org/10.30606/jer.v11i1.1339