PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPERCAYAAN DAN MINAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA DESA SIALANG JAYA

Authors

  • Novita Sarmis Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

kepercayaan; minat pembelian; online customer rating; online customer review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian konsumen Desa Sialang Jaya. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Desa Sialang Jaya. Sampel penelitian menggunakan teknik probability sampling sampling sebanyak 100 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini online customer review (X1), online customer rating (X2), kepercayaan (Y1) dan variabel minat pembelian (Y2). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan penelitian kepustakaan. Analisis data menggunakan path analysis menggunakan program SmartPLS 3. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah baik review maupun rating terbukti memiliki hubungan te.rhadap minat pembelian pelanggan dan menjadi salah satu fitur yang penting, namun bukan faktor yang menyebabkan meningkatnya kepercayaan pelanggan. Online customer review secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap minat pembelian melalui kepercayaan, dan online customer rating secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap minat pembelian melalui kepercayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

CNN Indonesia. (2016). Jumlah Pengunjung Mrketplace Di Indonesia.[online]https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170315104148185200219/petapersaingan-situs-ecommercedi-indonesia/[20 oktober 2019].
Engler, T. H., Winter, P., & Schulz, M. (2015). Understanding online product rating: A customer satisfaction model. Journal of Retailing and Consumer Service 27 , pp.113-120.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (Vol. 2). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Mo, Z., Li, Y., & Fan, P. (2015). Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service Science and Management , 8(June), pp.419-424.
Nur Megawati, N. S. (2019). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap MinatT Pembelian Pada Online Shop (Studi Kasus : Pelanggan Online Shop Lazada Pada Mahasiswa FEB UNILA).
Setiadi Nugroho J. (2011). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media. Bandung.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-07-06

How to Cite

Novita Sarmis. (2020). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPERCAYAAN DAN MINAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA DESA SIALANG JAYA. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 9(1), 81–84. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/735