PENGARUH KEADILAN DISTRIBUTIF, KEADILAN PROSEDURAL DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR CAMAT BONAI DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU
DOI:
https://doi.org/10.30606/cano.v11i2.1622Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah pengaruh keadilan distributif,
keadilan prosedural dan internal locus of control terhadap kepuasan kerja pegawai Kantor
Camat Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini
adalah pegawai Kantor Camat Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Variabel bebas
dalam penelitian ini keadilan distributif (X1), keadilan prosedural (X2), internal locus of
control (X3) dan variabel terikat (Y) kepuasan kerja. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi, kuesioner dan Penelitian kepustakaan. Analisis data menggunakan
analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS 17. Hasil analisis regresi linier
berganda diperoleh persamaan regresi Y = 10,596 + 0,488X
1
+ 1,364X
2
+ 0,832X
3
. Secara
parsial, diperoleh t-hitung keadilan distributif 2,735, keadilan prosedural 9,357 dan internal
locus of control 6,723. Secara simultan, diperoleh F-hitung 120,257 menunjukkan keadilan
distributif, keadilan prosedural dan internal locus of control secara bersama-sama
berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 92,3% kepuasan
kerja dipengaruhi oleh keadilan distributif, keadilan prosedural dan internal locus of
control, sedangkan sisanya 7,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini baik secara parsial maupun secara simultan
keadilan distributif, keadilan prosedural dan internal locus of control berpengaruh terhadap
kepuasan kerja.
Downloads
References
Alvi & Abbasi (2012). Manajemen Sumber
Daya Manusia. Jakarta :PT. Grasindo.
Badawi, Ahmad (2012). Manajemen Rumah
Sakit. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Casmini (20090. Emotional parenting
:Dasar-dasar Pengasuhan Kecerdasan
Emosi Anak. Jakarta: PPM.
Cooper, R.K dan Sawaf, A (2012). Executive
EQ Kecerdasan Emosional dalam.
Kepemimpinan dan Organisasi (terjemahan oleh Widodo). Jakarta:
Gramedia Pustaka.
Fatdina (2010). Perilaku Organisasi. Jakarta
:kencana.
Goleman (2013). Psychology & Work Today.
New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Greenberg (2015). Manajemen Sumber Daya
Manusia,. Cetakan kelima, Penerbit PT.
Remaja Rosdakarya. Bandung.
Hanurawan (2010). Psikologi Sosial. Jakarta
:Erlangga.
Khan dkk. (2016). Manajemen Pemasaran.
edisi Millenium. cetakan kesepuluh.
Penerbit:Prenhalindo, Jakarta.
Kreitner, Robert dan Kinicki, Angelo (2010).
Perilaku Organisasi. Jakarta :kencana.
Kreitner, Robert dan Kinicki, Angelo (2009).
Perilaku Organisasi. Jakarta :kencana.
Koopman (2013). Kepemimpinan dan
Perilaku Organisasi. Edisi Ketiga.
Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Konovsky, M. A (2010). Citizenship and
Social Exchange. Terjemahan. Jakarta
:kencana.
Manullang (2011). Seri Ilmu Sumber Daya
Manusia. Yogyakarta :Liberty.
Parker, Lindberg (2011). Strategi
Pemasaran. Terjemahan. Bandung
:Alfabeta.
Robbins Stephen . (2017). Manajemen
Sumber Daya Manusia Kinerja, cetakan
ketiga, Jakarta : PT Elex Media
Komputindo.
Rotter (2011). Manajemen Sumber Daya
Manusia Kinerja. Jakarta : Bumi Aksara.
Tjahjono (2009). Perilaku Organisasi.
Jakarta :kencana.
Tutar (2015). Profil Budaya Organisasi.
Bandung : Penerbit Alfabeta.