PENGARUH ATRIBUT UTILITARIAN DAN SIKAP KOGNITIF TERHADAP NIAT PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MASYARAKAT KABUPATEN ROKAN HULU
DOI:
https://doi.org/10.30606/jbw.v1i1.1866Keywords:
Atribut utilitarian, sikap kognitif, niat belanja online.Abstract
E-commerce telah berkembang sangat cepat karena banyak keuntungan yang terkait dengan pembelian di internet karena biaya transaksi dan pencarian yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis belanja lainnya. Melalui belanja online konsumen dapat membeli lebih cepat, lebih banyak alternatif dan dapat memesan produk dan jasa dengan harga terendah komparatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa persepsi konsumen mengenai atribut utilitarian dan sikap kognitif terhdap niat belanja online. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 152 orang. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability convenient sampling. Teknil analisa data menggunakan Smart PLS. Berdasarkan hasil penelitian terhadap pembeli online menemukan bahwa atribut utilitarian (informasi produk, penghematan, kenyamanan, dan kemudahan penggunaan yang dirasakan) adalah prediktor kuat dari niat pembelian terhadap belanja online.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putri Maurisni, Melly Alfianignsih, Meysi Putri Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.