PENGARUH ATRIBUT UTILITARIAN DAN SIKAP KOGNITIF TERHADAP NIAT PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MASYARAKAT KABUPATEN ROKAN HULU

Authors

  • Putri Maurisni Universitas Pasir Pengaraian
  • Melly Alfianignsih Universitas Pasir Pengaraian
  • Meysi Putri Utami Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jbw.v1i1.1866

Keywords:

Atribut utilitarian, sikap kognitif, niat belanja online.

Abstract

E-commerce telah berkembang sangat cepat karena banyak keuntungan yang terkait dengan pembelian di internet karena biaya transaksi dan pencarian yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis belanja lainnya. Melalui belanja online konsumen dapat membeli lebih cepat, lebih banyak alternatif dan dapat memesan produk dan jasa dengan harga terendah komparatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa persepsi konsumen mengenai atribut  utilitarian dan sikap kognitif terhdap niat belanja online. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 152 orang. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability convenient sampling. Teknil analisa  data menggunakan Smart PLS. Berdasarkan hasil penelitian terhadap pembeli online menemukan bahwa atribut utilitarian (informasi produk, penghematan, kenyamanan, dan kemudahan penggunaan yang dirasakan) adalah prediktor kuat dari niat pembelian terhadap belanja online.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Putri Maurisni, Melly Alfianignsih, & Meysi Putri Utami. (2023). PENGARUH ATRIBUT UTILITARIAN DAN SIKAP KOGNITIF TERHADAP NIAT PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MASYARAKAT KABUPATEN ROKAN HULU. Jurnal Bina Wira, 1(1), 42–48. https://doi.org/10.30606/jbw.v1i1.1866