PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH RAMBAH

Authors

  • Yupita Herni Yanti Gea Universitas Pasir Pengaraian
  • Rina Ari Rohmah Universitas Pasir Pengaraian

Keywords:

Gaya Mengajar, Aktivitas Siswa, Pendidikan IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gaya mengajar guru IPS kelas VIII SMP
Muhammadiyah Rambah, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP
Muhammadiyah Rambah, (3) pengaruh gaya mengajar guru terhadap aktivitas siswa. Pengambilan
sampel dilakukan secara total sampling, yaitu total populasi sebanyak 60 siswa. Instrumen yang
digunakan berupa angket (angket). Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan
menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gaya mengajar guru
IPS kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah termasuk dalam kategori sedang / sedang, (2) Keaktifan
siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah adalah tergolong sedang /
sedang, (3) Gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan siswa dalam
pembelajaran IPS, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t sebesar 6,125 sedangkan t_tabel
sebesar 1,671 pada taraf signifikansi 5% yang berarti H_a diterima. Selain itu diperoleh persamaan
regresi Y ̂ = 35,367 + 0,629X, terlihat dari koefisien determinasi bahwa besarnya pengaruh variabel X
terhadap variabel Y adalah 39%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMP
Muhammadiyah Rambah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carsel. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan. Yogyakarta: Penebar
Media pustaka.
Dahen. (2017). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar
Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Program Keahlian Akuntansi Siswa
Kelas X di SMK N 1 sawahlunto. Journal Of Economic and Economic Education, 2.
Febrianto. (2014). Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas dan Gaya Mengajar guru
terhadap keaktifan belajar Siswa Kelas XI materi Pembelajaran Pembangunan
Ekonomi SMA Negeri Slawi. Economic Education Analysis Journal, 2.
Gunawan. (2018). jurnal Khazanah Akademia . Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap
Keaktifan Siswa Dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa, 74.
Jannatin. (2018: 101). Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Jurusan PGMI, 2.
Khumaero. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar, dan Teman Sebaya
Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 698.
Kurnain. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Keaktifan Siswa Pada Proses
Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan . Jurnal Pendidikan
Olahraga dan Kesehatan , 1.
Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghala Indonesia.
Nugraha. (2019). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar IPA Materi Sistem Organisasi
Kehidupan Makhluk Hidup dengan Media Flash Card Matching Game Pada Peserta
Didik Kelas VII F SMP Negeri 1 Pejagoan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jurnal Pendidikan Konvergensi, 10.
Pratiwi. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Mata
Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS Negeri Karanganyar Kabupaten
Purbalingga, Skripsi IAIN Purwekerto. 66.
Rani. (2015). Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas, Gaya Mengajar Guru, dan SelfEfficacy

Terhadap Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas XI
Akuntansi SMK Nasional Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Universitas Negeri
Semarang, 8.
Sanderina. (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Pelajaran IPS di SMP
negeri 8 Palu. Jurnal Elektronik Geo Tadulako Online, 63.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Sukamto. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2021-02-21

How to Cite

Yupita Herni Yanti Gea, & Rina Ari Rohmah. (2021). PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH RAMBAH. Bakoba : Journal of Social Science Education, 1(1), 34–43. Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/754