Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Pendekatan Konstektual Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam

Authors

  • Widyawati, Cicilia Melinda

DOI:

https://doi.org/10.30606/bakoba.v2i2.1501

Keywords:

Key Word : Kemampuan Menulis Puisi, Pendekatan Konstektual.

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis mengajar di kelas III SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kec. Palupuh Kab. Agam, terungkap bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menulis puisi, sulit untuk memilih tema dan menemukan kata - kata yang cocok dengan tema yang dipilih. Pembelajaran menulis puisi yang sudah dilaksanakan selama ini belum terselenggara secara optimal. Hal ini mendorong penulis untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian adalah agar siswa dapat menulis puisi dengan baik dan benar, penulis dapat membuat perencanaan, melaksanakan pembelajaran dan memberikan penilaian bagi siswa kelas III SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kec. Palupuh Kab. Agam.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu data yang diperoleh dari gambaran ekspresi siswa dalam kegiatan pembelajaran mencakup tahap-tahap pembelajaran mulai dari awal sampai akhir pembelajaran, dan data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari nilai hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dimulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kec. Palupuh Kab. Agam yang berjumlah 20 orang siswa.

Hasil belajar siswa menunjukan peningkatan yang signifikan. Hasil yang diperoleh semua siswa pada siklus I pada tahap prapenulisan 69%, tahap penulisan 63%, tahap pascapenulisan 63%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase yang diperoleh semua siswa pada tahap prapenulisan 90%, tahap penulisan 92%, dan tahap pascapenulisan 92%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kec. Palupuh Kab. Agam.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aderusliana.2007. http://aderusliana,workpres.com/2007/11/05/konsep dasar evaluasi belajar/ akses tanggal 15 April 2011.

Akhmad,Sudrajat.2008.http://www.akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/25/kemampuan-individu/ akses tanggal 15 April 2011.

Awangga, S. 2007. Proposal Penelitian. Yogyakarta : Pyramid Publisher

Depdiknas.2005.Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta:Depdiknas.

Johnson, E.B. (2002). Contekstual Teaching And Learning : What Is and Why It Is Here To Stay. Thousand Oaks. California : Corwin Press, Inc.

Kamus Bahasa Indonesia. (1994). Jakarta : Balai Pustaka.

Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta : Grafindo Persada

Muchlisoh, dkk. 1994.Pendidikan Bahasa Indonesia 3.Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Sabarti Akhaidiah, dkk. 1998. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Suharsimi,Arikunto,dkk.2008.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:Bumi Aksara.

Supriyadi. 2006. Pembelajaran Sastra yang Apresiatif dan Integratif di SD. Jakarta : Depdikbud.

Tarigan, Djago. Drs. (1996). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung : Angkasa.

Wina Sanjaya (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Widyawati, Cicilia Melinda. (2022). Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Pendekatan Konstektual Bagi Siswa Kelas III SD Negeri 10 Angge Palimbatan Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam. Bakoba : Journal of Social Science Education, 2(2). https://doi.org/10.30606/bakoba.v2i2.1501