Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Sektor Kuliner UMKM Di Kabupaten Rokan Hulu

Authors

  • Susanti Susanti Universitas Pasir Pengaraian
  • Tiara Rochmawati Universitas Pasir Pengaraia

Abstract

Corona Virus Diesease (Covid-19) melanda dunia yang berdampak terhadap perekonomian  nasional  dan  global,  sangat  terasa  pada  triwulan  II  tahun  2019. Triwulan I tahun 2020, ekonomi nasional masih tumbuh 2,97%, walau turun dibandingkan dengan triwulan I tahun 2019 yang sebesar 5,07. Hal ini terjadi karena pengaruh eksternal di mana Covid-19 sudah merebak di beberapa negara seperti Cina (djkn.kemenkeu.2020).

Fenomena melambatnya laju pertumbuhan UMKM dan menurunnya pendapatan harian pada sub-sektor kuliner secara signifikan, mendorong untuk dilakukannya penelitian. Tujuan penelitian ini mengeksplorasi potensi dan daya tarik produk kuliner di Kabupaten Rokan Hulu. Eksplorasi potensi ini adalah dapat menghasilkan strategi pengembangan bisnis pelaku UMKM kuliner. Hal ini juga untuk mengetahui kendala yang dihadapi para pelaku UMKM kuliner dan mengembangkan strategi bisnis kuliner di Kabupaten Rokan Hulu di tengah pasca pandemi covid-19. Urgensi penelitian ini dibuat untuk membantu pelaku UMKM kuliner untuk bangkit dan produktif kembali. Sehingga usaha kuliner yang dijalankan bisa berkembang dan memaksimalkan potensi yang ada. Hasil temuan penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan strategi bisnis kuliner di Kabupaten Rokan Hulu pada masa pasca pandemi ini.

Kata Kunci: Pemulihan Ekonomi, Pandemi Covid-19, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arofahtiani, R.(2021). Strategi Adaptasi UMKM Kuliner pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Rumah Makan Haji Masduki, Kota Pekalongan).

Aryansah, J. E., Mirani, D., & Martina, M. (2020). Strategi Bertahan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Sektor Kuliner Di Masa Pandemi Covid-19. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 323-329.

Badan Ekonomi Kreatif. (2019). Opus Ekonomi Kreatif Outlook 2019.

Badan Pusat Statistik. (2020). Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional Desember 2019. Berita Resmi Statistik,13, 1–

Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kerjasama LPPI dengan Bank Indonesia. Bismala, Lila dan Handayani, Susi. (2014). Model Manajemen UMKM Berbasis Analisis SWOT. Prosiding Seminar Nasional PB3I ITM 2014.

Eunike, K., & Utama, L. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Umkm Bidang Kuliner Pada Masa Pandemi COVID–19. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 771-781.

Ezizwita, E., & Sukma, T. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner Dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 23(1), 51-63.

Freddy Rangkuti, (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hertina, D., Hendiarto, S., & Wijaya, J. H. (2021). Dampak Covid-19 Bagi Umkm Di

Indonesia Pada Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana,

(2), 110-116.

Jufra, A. A. (2020). Studi Pemulihan Dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Sub- Sektor Kuliner Pasca Pandemi (Covid-19) Dalam Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Sulawesi Tenggara. Mega Aktiva: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 9(2), 116-131.

Laura Hardilawati, W. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-

Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89-98.

Parhuniarti, P. (2021). Strategi Pengembangan UMKM Sektor Kuliner Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Mataram (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram) Pratiwi, A. I. (2021). “Startup”: Bisnis Kuliner Rintisan di Masa Pandemi Covid-19.Emik, 4(1),1-18.

Satari, Tb. Fiki C. dan Nabila Asad. (2017). Model Srategi Pengembangan Wirausaha

& Ekonomi Kreatif di Tingkat Kota (Pemetaan per Kecamatan) di Bandung, dengan Pendekatan Ekosistem Ekonomi Kreatif, SWOT, Identifikasi Peran (Pentahelix) Stakeholders dan Rencana Implementasinya. Riset Fundamental Unpad. Universitas Padjajaran.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Susilawati et al. (2020). Impact of COVID-19’s Pandemi on the Economy of Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute-Journal. Universitas Sumatera Utara. Medan

Susilowati, I. H. (2021). Bauran Pemasaran UMKM Sektor Kuliner Kota Bogor Di

Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(3), 282-291

Utami, B. A., & Kafabih, A. (2021). Sektor Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi

Covid 19. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 4(1), 383-389.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Susanti, S., & Tiara Rochmawati. (2023). Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Sektor Kuliner UMKM Di Kabupaten Rokan Hulu . AKPEM : Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Pemerintahan, 5(2). Retrieved from https://journal.upp.ac.id/index.php/akpem/article/view/2199