PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA), SALES GROWTH DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERDAGANGAN ECERAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018 – 2020
INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.30606/akpem.v5i1.1924Keywords:
EVA (Economic Value Added), MVA (Market Value Added), Sales Growth, ROE (Return onEquity) dan Harga Saham.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh EVA, MVA, Sales Growth dan ROE
berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia Tahun 2018-2020.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian
ini adalah Perusahan perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan
sampel menggunakan metode purposive sampling. Variabel dependen dari penelitian ini adalah Harga
Saham (Y). Untuk variabel independen adalah EVA (Economic Value Added) (X1), MVA (Market
Value Added) (X2), Sales Growth (X3), ROE (Return on Equity) (X4), Metode analisis data yang
digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MVA dan Sales Growth secara parsial berpengaruh
terhadap Harga Saham, sedangkan EVA dan ROE secara parsial tidak berpengaruh Terhadap Harga
Saham. Sedangkan secara simultan EVA, MVA, Sales Growth dan ROE berpengaruh terhadap harga
saham pada perusahaan perdagangan eceran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020.
Downloads
References
Alam, A. B., & Oetomo, H. W. (2017). Pengaruh EVA, MVA, ROE, dan TATO
Terhadap Harga Saham Food and Beverage. Jurnal Ilmu Dan Riset
Manajemen. e-ISSN : 2461-0593, 6.
Amna, L. S.,. 2020. Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value
Added(MVA) terhadap Return Saham. Jurnal Akuntansi & Keuangan. Vol. 11,
No. 1, Maret 2020. Halllll 59 -73.
Brigham, F. Eugene & Houston, Joel F. 2006.
Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.Edisi 10. Jakarta : Salemba Empat.
Hanafi, M. (2016). Manajemen Keuangan. BPFEYogyakarta.
Ika Octaviani Nur khasanah (2019). pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap
harga saham dengan return on assets (roa) danreturn on equity (roe) sebagai variabel
mediasi (studi pada perusahaan sub sektor food and beverages yang terdaftar di
bursa efek indonesiaperiode 2015-2017). Jurnal Akuntansidan Manajemen.
James C. & Van Horne. 2007. Fundamental of financial management, prinsipprinsip manajemen keuangan. JakartaSalemba Empat.
Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Oktaviany, W. et al (2021). Pengaruh Economic Value Added, Market Value
Added, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Harga Saham. Jurnal
Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, Vol. 2, No. 1, April 2021. Hal 80-108.
Parhusip, E. et al (2021). Pengaruh EVA, Sales Growth, MVA, DER, Laba Bersih
Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri
Dasardan Kima. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis). Vol. 5 No. 1 (2021)
pp. 126-143.
Raharjo, et al. 2021. Pengaruh EVA dan MVA terhadap Return Saham pada
perusahaan tergabung IDX30 di BEI. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Veteran
JawaTimur. Volume 3, No. 1, April 2021.
Sunaryo, D., 2019. Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value
Added (MVA) terhadap Return Saham pada perusahaan manufaktur Sub
Sektor Otomotif periode 2010 -2018. Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa
Vol. 16, No. 2, September 2019.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Viandina Puspita, dkk (2015). Pengaruh EVA (EVA) dan Market Value Added
(MVA) terhadap Harga Saham pada perusahaan LQ45. Jurnal Ilmiah
Manajemen Bisnis dan Terapan. Tahun XII No. 2, Oktober 2015.
Wardiyah, Mia Lasmi. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Pustaka Setia, 2017.
Young, S dan O’byrne Stephen F. 2001.
Manajemen Berdasarkan Nilai.Jakarta :Salemba Empat.