Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan BUMDes Karya Agung Mandiri Di Desa Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu
DOI:
https://doi.org/10.30606/sungkai.v13i1.3062Keywords:
Importance Performance Analysis, Costumers Statisfaction Index, BUMDesAbstract
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan Bumdes Karya Agung Mandiri di Desa Pasir Agung Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Costumers Statisfaction Index (CSI). Adapun responden dalam penelitian ini adalah pelanggan BUMDes Karya Agung Mandiri Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 252 orang. Sampel diambil secara sengaja dengan melihat nasabah yang masih aktif selama 5 tahun dan diperoleh sampel sebanyak 75 orang. Hasil penelitian menujukkan bahwa dari metode Importance Performance Analysis (IPA) terdapat 3 atribut yang termasuk kedalam Kuadran I, 9 atribut pada Kaudran II, 10 atribut pada Kuadran III, dan 3 atribut pada Kuadran IV. Sedangkan hasil dari metode Costumers Statisfaction Index (CSI) menunjukkan bahwa tingkat kepuasan untuk atribut kualitas pelayanan pelanggan adalah 77,04% berada pada rentan 66% - 80% dengan kateogri “puas”. Artinya secara keseluruhan pelanggan BUMDes Karya Agung Mandiri sudah puas atas pelayanan yang diberikan oleh BUMDes.
Downloads
References
Adi Kuswanto, N., Usaha, B., & Desa, M. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di badan usaha milik desa (bumdes)
Hanri Putri et al., (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Anggota Terhadap Pelayanan Pada Koperasi Gardu Tani Di Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 2(2), 85. https://doi.org/10.14710/agrisocionomics.v2i2.2172
Daryanti Putri., & Shihab, M. S. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Konsep E-Servqual (Studi Kasus Pelanggan Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(3), 120–127. https://doi.org/10.36782/jemi.v2i3.1915
Eka Mariyanti et.al (2019) Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan BUMDes Sedya Makmur. Boyolali ditinjau dari produk yang di tawarkan dan kualitas pelayanan. Boyolali
Jufriyanto, M. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Pelayanan Kedai Kopi Shelter. Matrik, 20(2), 79. https://doi.org/10.30587/matrik.v20i2.1131
Laksana N. I. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.21274/an.2016.3.1.145-168
Marcel A., & Probondani, N. (2021). Akuntansi BUMDes di Desa Je ’ nemadinging Kabupaten Gowa. 3(2), 137–142.
Royan Firdaus (2021). Penggunaan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) Dalam Menganalisis Pengaruh Sistem Service Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sistem Informasi, 3(1), 1 –15
Sugiyono., & Shihab, M. S. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Konsep E-Servqual (Studi Kasus Pelanggan Shopee). Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(3), 120–127.