METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI KAMPUS (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO)

Authors

  • Defrizal Aal Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Yuhandri Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Sumijan Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjocs.v9i2.1784

Keywords:

Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Metode Multi Factor Evaluation Process, Strategi Promosi, Media Promosi Kampus, Media Promosi Terbaik

Abstract

Setiap tahun ajaran baru kampus selalu saling bersaing untuk mendapatkan daya tarik calon mahasiswa baru dalam memilih Perguruan Tinggi tertentu, dan keunikan tersebut sekaligus dapat dijadikan sebagai keunggulan kompetitif. Oleh karena itu perlu adanya strategi promosi dari masing-masing kampus, khususnya di Universitas Muhammadiyah Muara Bungo (UMMUBA). Dalam penelitian ini strategi promosi kampusnya di analisa dengan menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP) dimana Nilai faktor atau kriteria didapatkan dari kuesioner yang dibuat secara sistem dan selanjutnya dibuatkan sub kriteria yang diidentifikasi dari nilai bobot sub kriteria tersebut. Berdasarkan kriteria promosi kampus itu, maka akan diimplementasikan beberapa alternatif alat atau media promosi kampus yang akan diterapkan dari setiap kriteria nilai bobot faktor tersebut menjadi nilai evaluasi bobot faktor dan akan dilakukan perhitungan nilai bobot evaluasi dari masing-masing alternatif alat atau media strategi promosi kampus tersebut. Berdasarkan bobot evaluasi tiap faktor dari alternatif alat atau media promosi kampus didapatkan maka dapat dicari nilai Total Weight Evaluation per Alternatif alat atau media promosi yang akan diuji, selanjutnya dilakukan perangkingan dan dibuat keputusan, mana yang terbaik dan baik. Dalam penelitian ini, didapatkan kesimpulan apabila nilai total weight evaluation dari alternatif alat atau media promosi itu nilainya besar atau sama dengan 10 (≥10) maka alternatif atau alat media promosi tersebut dikatakan sebagai prediket TERBAIK dan sebaliknya jika total weight evaluation itu lebih kecil dari 10 (≤10) maka nilai total weight evaluation seperti ini dikatakan sebagai prediket BAIK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

] Agus, Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

] Alo, Liliweri. (2011). Komunikasi : Serba Ada Serba Makna. Jakarta : Kencana

] Apriadi, D. (2022). Penerapan Metode MFEP dalam Perlombaan Hatinya PKK Kabupaten Musi Rawas Application of the MFEP Method in the Competition The heart of the PKK in Musi Rawas Regency. 8(1), 122–133.

] Asbara, N. W. (2022). Penerapan Metode MFEP (Multifactor Evaluation Process) Dalam Seleksi Karyawan. 3, 516–521. https://doi.org/10.30865/json.v3i4.4228

] A. Shimp, Terence. (2000). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, edisi ke-5. Jakarta: Erlangga

] Bungin & Burhan. (2008). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group

] Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo

] Effendy, Onong Uchjana. (2011). Ilmu Komunikasi. Teori dan Praktek, Bandung, Rosda.

] Fred, R David. (2011). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep,. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

] Harmayani, H., & Dwina, V. (2020). Analisis Metode Multi Factor Evaluation Process pada Pemilihan Produk Perbankan yang sesuai Kebutuhan Nasabah. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 4(2), 711–720.

] Ikhlas, M., Komputer, F. I., Sawit, B. K., & Basic, V. (2019). Penerapan metode mfep (multifactor evaluation process) dalam pengambilan keputusan pemilihan bibit kelapa sawit terbaik. 19(1).

] Kadir, Abdul. (2015). Studi Pemerintahan Daerah dan Pelayanan Publik. CV. Dharma Perada Dharmasraya. Edisi Pertama.

] Kaswidjanti, W., Astari, S. R., & Yuwono, B. (2019). Metode Multi Factor Evaluation Process untuk Seleksi Asisten Laboratorium Multi Factor Evaluation Process Method for Laboratory Assistant Selection. 125–129.

] Lubis, M. A., Siregar, I. K., & Latiffani, C. (2022). Implementasi Metode Multyfactor Evaluation Process ( Mfep ) Pemberian Penghargaan Desa Bersinar. 9(3).

] Lukiati Komala, 1954-; Elvinaro Ardianto. (2009.). Ilmu komunikasi : perspektif, proses dan konteks / Lukiati Komala ; penyunting dan pengantar, Elvinaro Ardianto. [Bandung] :: Widya Padjadjaran,.

] Mahardika, F., & Choirurroziqien, C. (2018). Pemilihan Berita Headline Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process Berbasis Sistem Pendukung Keputusan. 17(2), 53–59.

] Mahmudi, H. A., & Laksono, S. B. (n.d.). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Tanaman Pangan Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process ( MFEP ). 7(1), 1–7.

] Moleong, Lexy J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

] Morissan. (2015). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Prenadamedia Group

] Niska, Y., & Musdalifa, E. (2020). Implementasi Metode Multifactor Evaluation Process ( MFEP ) dalam Pemilihan Karyawan Berprestasi pada PT . Maju Express Indonesia. 05, 252–259.

] Niska, Y., Musdalifa, E., Harini, C., Rohman, A., Pendahuluan, I., Ikhlas, M., Komputer, F. I., Sawit, B. K., Basic, V., Cahya, Y., Rahardjo, B., Ramadhani, W. A., Irawati, N., Maulana, C., Teknologi, J., Informasi, S., Warnilah, A. I., Purnia, D. S., Farid, M., … Amalia, V. (2022). Sistem Penunjang Keputusan Penyeleksian Quality Assurance Tester Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Studi Kasus : PT . Gameloft Indonesia Yogyakarta ). 4(1), 1–7. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.4021

] Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi 2020. (2020). www.ft.unpkediri.ac.id

] Rahadjeng, I. R., Noor, M., Siregar, H., & Windarto, A. P. (2022). Pemanfaatan Sistem Keputusan Dalam Mengevaluasi Penentuan Aplikasi Chatting Terbaik Dengan Multi Factor Evaluation Process. 6(April), 1258–1262. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.4021

] Rangkuti, Freddy. 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

] Ramadhani, W. A., Irawati, N., & Maulana, C. (2022). Penerapan Metode Multifactor Evaluation Process ( MFEP ) Untuk Menentukan Kelayakan Penerima Bantuan Pinjaman Modal Usaha Kecil Menengah. 4(1), 50–59. https://doi.org/10.47065/bits.v4i1.1490

] Saputra & Rosi. (2022). Pegawai Pemerintahan Desa Menggunakan Metode Multi Factor Evaluation Process ( Mfep ) Village Government Employees Using the Multi Factor. 15(1), 1–13.

] Sutra, L., & Nurcahyo, G. W. (2021). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode Multi Factor Evaluation Process dalam Mengidentifikasi Penerima Bantuan yang Tepat pada Program Keluarga Harapan. 3, 48–52. https://doi.org/10.37034/infeb.v3i2.65

] Teknologi, I., Bandung, N., Ungkawa, U., Faruqi, R., & F, N. U. R. F. (2019). Studi Kasus : Promosi Jabatan di Biro Kepegawaian Perbandingan Metode Multifactor Evaluation Process dan Analytical Hierarchy Process. 4(2), 111–121.. https://doi.org/2338-2724

Additional Files

Published

31-07-2023

How to Cite

[1]
D. Aal, Yuhandri, and Sumijan, “METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI KAMPUS (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO)”, RJOCS , vol. 9, no. 2, pp. 154–166, Jul. 2023.