Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Untuk Pemilihan Supplier Alat Praktikum Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Berbasis Web (Studi Kasus Di SMK TERPADU UJUNGBATU)

Authors

  • Fitra Yuda Yuda Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Sumijan Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Yuhandri Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang

DOI:

https://doi.org/10.30606/rjocs.v9i2.1775

Keywords:

Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan supplier, Simple Additive Weighting

Abstract

Mengambil keputusan  secara subyektif dapat menimbulkan kesalahan dalam pemilihan supplier. Pada pemilihan supplier, alat praktik pada jurusan Teknik Kenderaan Ringan otomotif SMK Terpadu Ujungbatu sering kali mengalami kesulitan dalam penentuan pemilihan supplier yang akan diberikan order karena banyaknya supplier dan kriteria yang digunakan dalam penilaian. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan supplier sehingga Teknik Kenderaan Ringan otomotif SMK Terpadu Ujungbatu dapat menetukan supplier yang sesuai dalam pembelian alat bahan komponen. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) dimana metode ini dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada, karena banyaknya alternatif dan kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan supplier seperti harga, ketersediaan barang, respon, dan jumlah ketersediaan. Data yang digunakan adalah penilaian pemilihan pada jurusan Teknik Kenderaan Ringan otomotif SMK Terpadu Ujungbatu Pengujian sistem dilakukan  berdasarkan data yang ada di  jurusan Teknik Kenderaan Ringan Otomotif SMK Terpadu Ujungbatu. Yaitu dengan membandingkan hasil perhitungan Microsoft Excel dengan hasil perhitungan sistem yang telah dibuat. Hasil dari implementasi sistem pendukung keputusan pemilihan supplier dengan metode SAW (Simple Additive Weighting) yang dibuat dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan berdasarkan nilai supplier secara optimal. Sehingga, dapat digunakan untuk memilih supplier terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. R. Ananda and T. D. Wismarini, “Penerapan Metode SAW-TOPSIS untuk PPDB Online di SMK LPI Semarang,” J. Mahajana Inf., vol. 7, no. 1, pp. 68–75, 2022, doi: 10.51544/jurnalmi.v7i1.2878.

Herdi Rofaldi, F. Prima Aditiawan, and R. Mumpuni, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode AHP Dan SAW Pada Apotek,” J. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 302–312, 2021, doi: 10.33005/jifosi.v2i2.352.

N. Putra, D. R. Habibie, and I. F. Handayani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Pada Tb.Nameene Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw),” Jursima, vol. 8, no. 1, p. 45, 2020, doi: 10.47024/js.v8i1.194.

I. G. A. Soffan Maulana Akbar, “Kost; SPK; SAW; Gresik; Alternatif,” Sist. Pendukung Kepustusan Pemilihan Tempat Kos Untuk Mhs. Di Gresik Dengan Metod. Saw (Simple Addit. Weight., vol. 7, no. 2, 2022.

A. R. Saputra and Supriatin, “Implementasi Algoritma ARAS Pada SPK untuk Menentukan Peringkat Dosen Terbaik,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 11, no. 2, pp. 578–591, 2022.

Elvira Felicia and Mohammad Badrul, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” J. Ilm. Inform., no. 2, 2022.

R. A. Sugianto, R. Roslina, and Z. Situmorang, “Kombinasi Metode Simple Additive Weigthing dan Weigthed Product Untuk Seleksi Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 2, p. 564, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i2.2929.

B. Yanto, “Sistem Pendukung Keputusan dalam Pemilihan Alternatif Pengelolaan Limbah Kelapa Sawit Metode Analityc Network Process (ANP) dan (BCOR) ( Studi Kasus : PT. Perkebunan Nusantara V Sei Tandun Rokan Hulu),” Riau J. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 89–102, 2016.

A. Setiawan and B. Yanto, “Model Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Internal Kinerja Dosen dengan Fuzzy Tsukamoto,” Konf. Nas. Sist. Inf., 2018.

A. M. Yusuf, H. Hasmizal, and L. Nurjanah, “Akuntansi Pembelian Bahan Baku Berbasis VB.NET di PT. Blasfolie Internasional Indonesia,” Dirgamaya J. Manaj. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 3, pp. 46–57, 2022, doi: 10.35969/dirgamaya.v1i3.212.

Additional Files

Published

31-07-2023

How to Cite

[1]
F. Y. Yuda, Sumijan, and Yuhandri, “Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Untuk Pemilihan Supplier Alat Praktikum Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Berbasis Web (Studi Kasus Di SMK TERPADU UJUNGBATU)”, RJOCS , vol. 9, no. 2, pp. 82–90, Jul. 2023.