MENINGKATKAN DISIPLIN GURU MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MASA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI 003 PAGARAN TAPAH DARUSSALAM

Authors

  • SRI RAHAYU SD Negeri 003 Pagaran Tapah Darussalam

Keywords:

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), Reward, Punishment

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui penerapan reward and punishment. Metode pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan tiga siklus, yang menjadi subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru-guru di SD Negeri 003 Pagaran Tapah Darussalam sejumlah 12 orang guru, terdiri atas 7 orang guru PNS, dan 5 orang guru Non PNS. Berdasarkan analisis data, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan reward dan punishment efektif untuk meningkatkan disiplin kehadiran guru di kelas pada kegiatan belajar mengajar. Hasil dari penelitian ini adalah data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa reward dan punishment di siklus ketiga, guru yang terlambat lebih dari 15 menit adalah 0, dan guru yang terlambat kurang dari 10 menit sebanyak 11 orang guru dan 2 orang guru yang terlambat antara 10-15 menit. Penerapan reward dan punishment dapat meningkatkan disiplin guru hadir di dalam kelas pada kegiatan belajar mengajar di SD Negeri 003 Pagaran Tapah Darussalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad Sudrajat, (2010) Manfaat Prinsip dan Asas Pengembangan Budaya Sekolah. [On Line]. Tersedia : http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/03/04/manfaatprinsip-dan-asas-pengembangan-budaya-sekolah/ [06 Oktober 2010]

Amstrong. Michael, (1991). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakrta:Ghalia Indonesia

Anwar Prabu Mangkunegara. (1994). Psikologi Perusahaan. Bandung:PT. Trigenda Karya __________________________ (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Penerbit Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Bambang Nugroho. (2006). Reward dan Punishment. Bulletin Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum Edisi No. 6/IV/Juni 2006.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas.

Hidayat, Sucherli. (1986). Peningkatan Produktivitas Organisasi dan Pegawai Negeri Sipil: Kasus Indonesia, Jakarta:Prisma.

Megawangi, Ratna. (2007). Membangun SDM Indonesia Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter. Jakarta:Indonesian Heritage Foundation.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Subagio. (2010) Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran [On Line]. Tersedia : http://subagiosubagio.blogspot.com/2010/03/kompetensi-guru-dalammeningkatkanmutu.html.

Syamsul Hadi, (2009). Kepemimpinan Pembelajaran, Makalah Disampaikan pada Sosialisasi Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

RAHAYU, S. . (2021). MENINGKATKAN DISIPLIN GURU MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MASA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI 003 PAGARAN TAPAH DARUSSALAM. Jurnal Edu Research, 10(1), 33–41. Retrieved from http://journal.upp.ac.id/index.php/edureseach/article/view/980

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.