EFEKTIFITAS PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP ETOS KERJA MANDIRI GURU DI SD NEGERI 006 UJUNGBATU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • NURLAILI NURLAILI SD NEGERI 006 UJUNGBATU KABUPATEN ROKAN HULU RIAU

Keywords:

Prestasi Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui disiplin kerja guru di SD Negeri 006 Ujungbatu dan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan mengajar di kelas dengan peningkatan mutu kompetensi diri bagi guru di SD Negeri 006 Ujungbatu. Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Populasi penelitian ini adalah guru-guru SD N 006 Ujungbatu, dengan sampling jenuh. Berdasarkan analisis data, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan inspeksi dan kunjungan dinas oleh supervisi pendidikan  sangatlah membantu para guru di SD Negeri 006 Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu Propinsi Riau untuk lebih meningkatkan kualitas diri dan menejemen kinerja diri dari rasa kedisiplinan yang terimplementasikan ke dalam proses belajar mengajar di kelas. Ada peningkatan kedisplinan guru dalam proses belajar mengajar di SD Negeri 006 Ujungbatu yaitu ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai kedisiplan guru, yaitu pada siklus I rata-rata nilai kedisplinan guru hanya 73 (Kategori Cukup), sedangkan pada siklus II rata-rata nilai kedisplinan guru meningkat menjadi 85,16 (Kategori Baik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ad. Rucijakker, 1984, Mengajar Dengan Sukses. Jakarta, PT. Gramedia dengan YKPTK.

Djumbur I dan Moh. Surya, 1975, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung, CV. Ilmu.

Moh. Surya, dan Moh. Yamin, 1980, Pengajaran Remedial, Jakarta. Depdikbud.

Nasin Imnu Suwandi dan Anno D. Sanjari, 1997, Disiplin di Sekolah. Seri Gerakan Disiplin Nasional, Jakarta. PT. Grafindo Media Pratama.

Oemar Hamalik, 1980, Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung, Tarsito.

Poerwodarminto. W. J. S., 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

S. Nasution, 1980, Didaktik Azas-azas Mengajar. Bandung, Jemmar.

¬¬¬¬¬¬¬¬¬________, 1980, Metode Research, Bandung Jemmar.

Suharsimi Arikunto, 1992. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi, 1981, Statistik Jilid II. Yogyakarta, Yayasan Penerbitan Fak. Psy. UGM.

Sudikin, dkk, 2002, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Surabaya, Insan Cendekia

The Liang Gie, 1985, Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta, Pusat Kemajuan Studi.

Tarni Farida, 2003, Kedisiplinan Sebagai Motivator Kerja Mandiri, Pusat Kajian YLKI, Jakarta

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

NURLAILI, N. (2019). EFEKTIFITAS PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP ETOS KERJA MANDIRI GURU DI SD NEGERI 006 UJUNGBATU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Edu Research, 10(1), 18–24. Retrieved from http://journal.upp.ac.id/index.php/edureseach/article/view/978

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.