MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA3 PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.30606/jer.v9i1.797Keywords:
Metode Discovery Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, rata-rataAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran kimia tentang pokok bahasan Struktur Atom. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-3 SMA Negeri 1 Tandun yang berjumlah 35 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes tertulis dan observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui penerapan Metode Pembelajaran Discovery Learning kelas X IPA-3 Semester I SMA Negeri 1 Tandun, yang pada kondisi awal hasil sebelum diberi tindakan nilai rata-rata 69.49. Pada siklus I dengan pemanfaatan metode Pembelajaran Discovery Learning sebagai metode pembelajaran adanya peningkatan sehingga nilai rata-rata kelas menjadi 77,86 dan Pada siklus II menunjukan peningkatan dengan rata-rata yang diperoleh 85,86.
Downloads
References
Gordon,Thomas, dalam Mudjito,Drs.,MA. (Penyadur); Guru Yang Efektif, Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Kelas, Jakarta, CV Rajawali, 1984.
Madya,Suwarsih,Prof.,Ph.D., Teori dan Praktik, Penelitian Tindakan (Action Research), Bandung, Penerbit Alfabeta, 2006.
Pemerintah RI; UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Penerbit Cemerlang, 2003.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT Remaja, 1989.
Abdullah, 2011, Pengambangan Kuikulum Teori dan Praktik, Cet. 1, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nawawi,” mengemukakan pengertian hasil belajar”. 15 September 2019.
http://hasilbelajar.web.id
Slavin. “keuntungah belajar secara kooperatif “.15 September 2019.
http://kooperatif.go.id