EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA UKUR PANJANG BAGI ANAK TUNA GRAHITA DI SLB ROKAN HULU

Authors

  • Nurhikmah Nur Universitas Pasir Pengaraian
  • Rindi Genesa Hatika Universitas Pasir Pengaraian
  • Untung Hasibuan Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v12i2.2531

Keywords:

Alat Ukur,, Anak Berkebutuhan Khusus, ., SLB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat ukur fisika berupa alat ukur Panjang untuk anak berkebutuhan khusus di SLB Rokan Hulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Desember 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SLB tingkat SMP di SLB Rokan Hulu. Pengumpulan data dilakukan dengan Metode yang digunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas penggunaan alat peraga ukur Panjang secara keseluruhan dinyatakan "efektif" dengan persentase rata-rata 58,5%. Berdasarkan jasil survei sebelum pendampingan khusus dalam penggunaan alat peraga ukur panjang persentase perolehan rata-rata 33.3% dikategorikan kurang efektif, Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektif penggunaan alat peraga ukur Panjang bagi siswa tunagrahita di SLB Negeri Rokan Hulu untuk mengembangkan kemampuan siswa khususnya kemampuan motorik kasar dan konsentrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder Edition (DSM-V). Washington : American Psychiatric Publishing.

Apriyanto, Nunung. 2012. Seluk-Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. Yogjakarta: JAVALITERA.

Arista, Y. and Masitoh, S. (2013) „Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match terhadap Hasil Belajar Matematika Anak Tunagrahita Ringan‟, 4–5, pp. 1–6. Available at: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Arum permatasari, Yuberti, dan Wlly Anggraini, “Pengembangan Lampu Sensor Berbasis arduino Uno Sebagai Alat Peraga Fisika”, Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, No.3, (29 Oktober 2019):380-387.

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ariskayanti. 2017. Efektifitas Penggunaan Media Kartu Kata Dalam Pembelajaran IPA Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV Di SLB Somba Opu Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi Dipublikasi. UIN Alauddin Makassar. Makassar.

Riduwan. 2013. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta

Suharsiwi.2017. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. CV. Prima Print. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Nur, N., Genesa Hatika , R., & Hasibuan, U. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA UKUR PANJANG BAGI ANAK TUNA GRAHITA DI SLB ROKAN HULU. Jurnal Edu Research, 12(2), 5–7. https://doi.org/10.30606/jer.v12i2.2531

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.