PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VIIA SMP N 2 RAMBAH SAMO

Authors

  • Aidi Mashudi Guru SMP N 2 Rambah Samo, Rokan Hulu

DOI:

https://doi.org/10.30606/jer.v10i1.1059

Keywords:

Pembelajaran Penemuan Terbimbing,, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 2 Rambah Samo tahun pelajaran 2019/2020 khususnya materi pokok aljabar dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 2 Rambah Samo tahun ajaran 2019/2020. Dimana siswa di kelas VII A ini terdiri dari 33 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah  pembelajaran melalui model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan  kualitas pembelajaran   matematika pada siswa kelas VII SMPN 2 Rambah Samo.  Hal ini ditunjukkan pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II dengan rata-rata jumlah adalah 2168, nilai rata-rata tertingginya 85 dan nilai rata-rata terendahnya 47,7  sedangkan rata-rata nilai kelas adalah 65,69. Pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II rata siswa yang tuntas ditunjukkan pada jumlah 16 dengan persentase 48,49% dan yang tidak tuntas adalah 17 dengan persentase 51,52%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I dan pertemuan II dengan rata-rata jumlah adalah 2529,5 nilai rata-rata tertingginya 93,5 dan nilai rata-rata terendahnya 55,5 sedangkan rata-rata nilai kelas adalah 75,29. Pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II rata siswa yang tuntas ditunjukkan pada jumlah 25 dengan persentase 77,26% dan yang tidak tuntas adalah 8 dengan persentase 22,73%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Sani Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Agus, Cahyo. (2013). Panduan Aplikasi Teori Belajar. Jakarta. PT. Diva Press. Aqib, Zaenal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arcat. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik WPS (Write-Pair Square) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bangkinang Barat. Skripsi Universitas Riau. Pekanbaru.

Arifin, Risnanda. 2014. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Berbantu Alat Peraga Matematika untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Skripsi Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Arikunto. 2009.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:PT.BumiAksara.

Aryani, Farida. 2017. Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pembuatan Pola Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Daut, Siagian M. 2017. Pembelajaran Matematikadalam Persfektif Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan. 7 (2).

Djamarah, Syaiful Bahri. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika.3 (1). Hamdani. 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung: pustaka setia.

Hasratuddin. 2015. Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perdana Publishing.

Herrhyanto, Nar dan H.M. Akib Hamid. 2007. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.

Markaban, 2008. Model Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Matematika SMK. Yogyakarta. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Kepandidikan Matematika.

Poerwanti, Endang. 2008. Asessmen Pembelajaran SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rahmawati,Vina 2016. Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi Atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. Jurnal SAP. 1 (2).

Setiani, Ani & Donni Juni Priansa. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shadiq. 2014. Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa.Yogyakarta : PT. Graha Ilmu.

Slameto. (2015). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Suprihatiningrum,

Jamil. 2012. Srategi Pembelajaran. Yogyakarta :A-Ruzz Media.

Winda, Sari Dewi. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Materi Pecahan Kelas VII SMP. Skripsi Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Yuni, Sri. 2016. Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Terhadaphasil Belajar Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Mashudi, A. . (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VIIA SMP N 2 RAMBAH SAMO. Jurnal Edu Research, 10(1), 49–58. https://doi.org/10.30606/jer.v10i1.1059

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.