Solusi Persoalan Kemiskinan Di Kabupaten Rokan Hulu

  • Arrafiqur Rahman Universitas Pasir Pengaraian
  • Irwan Effendi Universitas Riau
  • Lufita Nur Alfiah Universitas Pasir Pengaraian
  • Purwantoro Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: Kemiskinan, Rokan Hulu

Abstract

Grafik angka kemiskinan di Kabupaten Rokan Hulu dalam sepuluh tahun terakhir hampir tidak pernah menunjukkan penurunan yang signifikan. Tahun 2019 jumlah penduduk miskin Rokan Hulu nomor satu terbanyak di Provinsi Riau dengan angka sebesar 72,28 ribu jiwa. Artikel ini membahas tentang berbagai solusi terkait dengan masalah kemiskinan di Rokan Hulu, secara spesifik artikel ini adalah merupakan hasil dari Diskusi Publik yang dilakukan oleh Universitas Pasir Pengaraian tentang persoalan kemiskinan di Rokan Hulu.

 Data primer dalam artikel ini diperoleh melalui Focus Group Discussion (FGD) melalui kegiatan diskusi public, dengan informen sebanyak 18 orang dari berbagai kalangan, meliputi tokoh masyarakat, akademisi, birokrat, unsur pemerintah daerah, lembaga legislative, lembaga adat melayu, organisasi masyarakat, pemuda dan profesi, dan lain-lain. Selain itu pandangan sikap beberapa komentator di berbagai media setelah kegiatan diskusi dilakukan juga dijadikan sebagai data primer dalam tulisan ini. Selanjutnya sikap dan pandangan informen di analisis dengan pendekatan thematic analysis menggunakan sofwer NVivo 12 Plus.

Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa secara umum solusi penanggulangan kemiskina di Rokan Hulu terdiri dari tiga poin mindmap, yaitu: 1). Solusi terkait data, 2). Solusi terkait program cepat, dan 3). Solusi kebijakan untuk jangka panjang. Berdasarkan kesimpulan tersebut pemerintah daerah Rokan Hulu pada dasarnya telah mendapatkan rambu-rambu solusi yang akan dilakukan, selanjutnya diperlukan perumusan langkah teknis yang konkrit dan komprehensif terkait dengan rencana pelaksanaan dari setiap solusi yang ditawarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Qardhawi (2005) Spektrum zakat dalam membangun ekonomi kerakyatan. Gema Insani Press.
Direktorat Jenderal Bantuan dan Jaminan Sosial Departemen Sosial RI (2004). Panduan umum pengembangan usaha ekonomi produktif fakir miskin melalui kelompok usaha bersama (KUBE) dan lembaga keuangan mikro (LKM).
Effendi (2019). Kemiskinan di Rohul. Bahan Presentasi Diskusi Publik Universitas Pasir Pengaraian.
Hermawati, dkk. (2011). Evaluasi program kelompok usaha bersama (KUBE). B2P3KS PRESS Yogyakarta.
Pairan (2019). Implementasi kebijakan pengembangan usaha ekonomi produktif dalam pengentasan kemiskinan di desa . Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik, Universitas Jember.
Prasetyo (2019). Metode penghitungan kemiskinan. Bahan Presentasi BPS Kabupaten Rokan Hulu.
Rahman, dkk. (2014). Evaluasi capaian program kelompok usaha bersama pemberdayaan masyarakat miskin di Kabupaten Rokan Hulu. Pasir Pengaraian, UPP Press.
Suradi. (2009). Pemberdayaan masyarakat miskin studi evaluasi penanggulangan kemiskinan lima provinsi. Departemen Sosial Ri Badan Pendidikan Dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Pusat Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial.
Susantyo & Nainggolan (2018). Integrasi penanggulangan kemiskinan melalui program keluarga harapan. Jurnal Ilmiah Kesejahteraan Sosial Vol XIV, No.26. Hal. 73-84.
Published
2020-07-06
How to Cite
Arrafiqur Rahman, Irwan Effendi, Lufita Nur Alfiah, & Purwantoro. (2020). Solusi Persoalan Kemiskinan Di Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 8(2), 25-42. Retrieved from http://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/384