Analisis Sistem Pengendalian Internal Kas Pada Koperasi Di Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu

  • Zulkarnain Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: Pengendalian intern, sistem akuntansi, penerimaan dan pengeluaran kas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengendaian internal kas pada Koperasi Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh koperasi yang ada pada kecamatan Rambah Hilir yang berjumlah 16 koperasi, dengan sampel berjumlah 4 koperasi yang memiliki badan hukum. Untuk teknik analisis data  dengan cara menganalisa sistem pengendalian koperasi dan membuat suatu bagan alir/flowchart  dengan memperbandingkannya dengan teori sistem pengendalian internal dan dibuat suatu kesmpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal kas pada koperasi di kecamatan Rambah Hilir dalam kategori belum baik, karena masih terdapat kekurangan dalam sistem pengendaliannya yaitu, masih banyak terdapat rangkap pekerjaan, terdapatnya pengabungan pencatatan penerimaan dan pengeluaran kas, terdapatnya sebagian transaksi tidak mengunakan kwitansi, terdapatnya kelemahan dalam akses kas dan catatan akuntansi, tetapi terdapat kelebihan yaitu pada saat pencairan kredit bendahara koperasi sebagai otorisasi transaksi, terlebih dahulu meminta persetujuan pencairan kredit kepada kepala desa setempat, dan untuk pengambilan kas dibank, didampingi oleh ketua koperasi dengan demikian dari kelebihan tersebut dapat mengurangi terjadinya kecurangan dalam koperasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Hall, James. Accounting Information Systems, 2011. Jakarta: Selemba Empat .
Ban, Ali Sya. Teknik Analis Penelitian, 2005. Jakarta Timur: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Diana, Anastasia. Setiawati,Lilis. Sistem Informasi Akuntansi, 2011. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Fajar cahayani, Affiah. Sistem Pengendalian Internal Kas di Koperasi Serba Usaha (KSU) Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Sejahtera Sleman, 2014. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri.
Feliatra dkk. Metodologi Penelitian, 2011. Pekanbaru: Faperika Press.
Hendrojogjir. Koperas Asas-asas, Teori dan Praktek, 2012. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Permen No.21_XI. Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Repoblik Indonesia. 2008.
Riduwan. Belajar mudah penelitian, 2012. Bandung: Alfabeta.
Soemarso S.R. Akuntansi Suatu Pengantar, 2010. Jakarta: Selamba Empat.
Widyanti, Ninik. Sunindhia. Koperasi dan Perekonomian Indonesiai, 2008. Jakarta:PT Rineka Cipta dan PT. Bina Adiaksara.
Published
2020-07-06
How to Cite
Zulkarnain. (2020). Analisis Sistem Pengendalian Internal Kas Pada Koperasi Di Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 8(2), 1-17. Retrieved from http://journal.upp.ac.id/index.php/cano/article/view/382