Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode RBBR (Risk-Based Bank Rating) (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital)

Authors

  • Sri Maria Ulfha

DOI:

https://doi.org/10.30606/cano.v7i2.25

Keywords:

Tingkat Kesehatan Bank, Metode Risk-Based Bank Rating (RBBR), dan Rasio Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kesehatan Bank dengan objek Bank Swasta Nasional Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia bersifat konvensional dan memiliki jumlah aset yang setara/sebanding tahun 2014-2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Penilaian dengan metode Risk-Based Bank Rating (RBBR) terdiri dari empat faktor yaitu Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings dan Capital dari setiap bank. Risk Profile terdiri dari risiko kredit dan risiko likuiditas. Risiko kredit diukur dengan menggunakan NPL dan risiko likuiditas diukur dengan menggunakan LDR. Faktor GCG diukur dengan peringkat komposit GCG berdasarkan Self Assessment perusahaan, faktor Earnings diukur dengan rasio ROA dan NIM, faktor Capital dihitung dengan rasio CAR. Hasil penelitian menunjukkan masih terdapat beberapa bank yang memperoleh predikat kurang sehat bahkan tidak sehat atas rasio NPL, LDR, ROA, NIM, dan GCG, sedangkan pada rasio CAR seluruh bank memperoleh predikat Sangat Sehat sesuai ketentuan Bank Indonesia yaitu melebihi 12%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-17

How to Cite

Ulfha, S. M. (2019). Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode RBBR (Risk-Based Bank Rating) (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital). Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 7(2), 9–26. https://doi.org/10.30606/cano.v7i2.25

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.