PERILAKU SOSIAL SISWA STUDI KASUS PADA SISWA SMP NEGERI 4 RAMBAH

Authors

  • Sindi Sandora
  • Hardianto
  • ilham rahmawati

Keywords:

Perilaku Sosial, Siswa SMP

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah adanya perilaku sosial siswa yang bersifat positif dan negative seperti berkelompok, berbagi, bergaul dan kedisiplinan siswa di SMPN 4 Rambah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku sosial siswa di SMP Negeri 4 Rambah.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 4 Rambah yang berjumlah 50 siswa dan 2 guru IPS. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling artinya teknik pengambilan sampel atau informan sumber data dengan pertimbangan tertentu yang dianggap paling tahu tantang perilaku sosial siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya macam-macam perilaku sosial yang biasa dilakukan oleh siswa IPS di SMPN 4 Rambah yakni a) Pemberani seperti perilaku berani dalam berinteraksi sesama teman dan berani dalam melakukan kegiatan belajar, b) Bergaul seperti perilaku siswa yang suka bergaul dengan teman dan ketika sulit bergaul adanya solusi yang diberikan guru dengan membentuk kelompok belajar, c) Ramah seperti perilaku ramah kepada guru dan orang lain, d) Simpati, seperti menunujukan rasa simpati kepada siswa ketika sakit dan ikut membantu ketika ada musibah pada teman, e) Suka bersaing, seperti bersaing mendapatkan prestasi di sekolah, f) Patuh seperti patuh terhadap guru di kelas, g) Menonjolkan diri seperti suka menonjolkan diri dengan menjawab setiap pertanyaan guru di depan kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulsyani. 2016. Sosiologi Skematika Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Alex Sobur. 2016. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Ahyani, Latifah Nur. 2018. Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Kudus: Universitas Muria Kudus.

Arif Syam. 2019. Analisis Perilaku Bullying dan Penanganannya (Studi Kasus Salah Seorang Pelaku Bullying di SMP Negeri 4 Sendana), Skripsi Universitas Negeri Makasar.

Astria Murti. 2018. Perilaku Sosial Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan ke SD-an Vol 4 No 3.

Dania Masrotun. 2023. Perilaku Sosial Pada Anak Edikasi Aplikasi Tiktok. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol 3 No 1.

Gunawan, Yusuf. 2014. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Prenhelindo.

Hanifa Nur Auliya. 2017. Perilaku Sosial dan Gaya Hidup Remaja Siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Hurlock, Elizabeth. 2016. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Maleong, Lexy. 2018. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Masdudi. 2013. Karakteristik perilaku sosial siswa dalam proses pendidikan. Jurnal pendidikan sosial dan ekonomi Vol 2 No 1.

Rahmad. 2022. Dampak Penggunaan Samrtphone terhadap Perilaku Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Vol 6 No 2.

Soekanto, Soerjono. 2014. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sujanto, Agus. 2015. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Winardi. 2017. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Sindi Sandora, Hardianto, & ilham rahmawati. (2024). PERILAKU SOSIAL SISWA STUDI KASUS PADA SISWA SMP NEGERI 4 RAMBAH. Bakoba : Journal of Social Science Education, 3(2). Retrieved from http://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/2414

Most read articles by the same author(s)