IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP N 2 LEMBANG JAYA

Authors

  • puja puja may yassha mahasiswa

Keywords:

Implementasi, Kurikulum, Merdeka, Minat, Belajar

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan pembaruan terkini, didorong oleh teknologi yang semakin maju dan kebutuhan untuk menggunakannya di masa pemulihan pandemi Covid-19. Hal ini membutuhkan berbagai unsur pendidikan untuk beradaptasi dengan  hal tersebut, sehingga lahirlah kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk melihat bagaiamana penerapan/implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar siswa di SMP N 2 Lembang Jaya. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat seberapa jauh penerapan kumer yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga dapat diketahui seberapa efektif implementasi/penerapan kurikulum merdeka dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Lembang Jaya. Sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang pelaksanaan dari kurikulum merdeka. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Lembang Jaya dipersiapkan dengan baik seperti bahan ajar, fasilitas, dan pembentukan komite agar terciptanya suasana belajar yang menyenangkan serta diminati siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, Y., Febriani, A., Chaniago, S., & Setiawati, M. (2022). Peningkatan Minat Siswa Dalam Mapel Geografi Dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Sman 1 X Koto Singkarak. Jurnal Eduscience, 9(2), 505–514. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3006

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. In Yogyakarta: Deepublish.

Fahira, W. R., Putri, M., & Setiawati, M. (2022). HUBUNGAN POLA BERFIKIR SISWA KELAS 8 TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 3 KOTA SOLOK. Uin Suska, 3(2), 151–159.

Kadir, A., & Susanto, A. (2013). Teori dan aplikasi pengolahan citra. In Yogyakarta: Andi.

Khan, F. U., Ihsan, A. U., Khan, H. U., Jana, R., Wazir, J., Khongorzul, P., ... & Zhou, X. (2017). Comprehensive overview of prostatitis. Biomedicine & Pharmacotherapy, 94, 1064-1076.

Kosanke, R. M. (2019). Marry & John 2011. 10–37.

Lidya Elviana, Gustia Sainanda, M. S. (2022). HUBUNGAN PEMBERIAN APRESIASI TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 X KOTO DIATAS. Jurnal Eduscience, 9(2), 388–394.

Mudjiono, D. dan. (2006). Belajar dan Pembelajaran. In Jakarta: PT Rineke Cipta.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemograman. In Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Sarlan, A., Nadam, C., & Basri, S. (2015). Twitter sentiment analysis. Conference Proceedings - 6th International Conference on Information Technology and Multimedia at UNITEN: Cultivating Creativity and Enabling Technology Through the Internet of Things, ICIMU 2014, November 2016, 212–216. https://doi.org/10.1109/ICIMU.2014.7066632

Slameto, Sulasmono, B. S., & Wardani, K. W. (2017). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 38–47. http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/5718

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). In Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: CV Alfabeta.

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

puja may yassha, puja. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP N 2 LEMBANG JAYA. Bakoba : Journal of Social Science Education, 3(1), 29–36. Retrieved from http://journal.upp.ac.id/index.php/bakoba/article/view/1575