PENGARUH PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTS THAMRIN YAHYA KECAMATAN RAMBAH HILIR
DOI:
https://doi.org/10.30606/bakoba.v1i2.1020Keywords:
Discovery learning, keaktifan siswa, pelajaran IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Thamrin Yahya Kecamatan Rambah Hilir. Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan metode discovery learning memiliki skor tertinggi 95 dan skor terendah 56 dengan nilai rata-rata 75,24. Pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional memiliki skor tertinggi 85 dan skor terendah 59 dengan skor rata-rata 70,58. Penggunaan metode discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Pada uji hipotesis Jika lebih besar dari maka diterima dan ditolak. Dari perhitungan sebesar 1,692 dibandingkan dengan (df 56 yaitu 0,2586 taraf signifikan 5% jadi > maka diterima dan ditolak.
Downloads
References
Arikunto. 2006. Prosedur Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ihsan, Fuad. 2005. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktek Dan Penelitian. UNP Press. Padang.
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasanah, Dede Nur. Penggunan Model Pembelajan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematisc, Vol 1 No 1 (Online).
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konsektual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: ghalia indonesia.
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajaar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2004. Proses Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif, kualitatif,kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Salo, Yulia Ayuningsih. 2016. Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas VII SMPN 6 Banda Aceh. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 16. No 3.
Zaini, Hisyam. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Center for Teaching Staff Development (CTSD).