PENGARUH TINGKAT BUNGA, EARNING PER SHARE, DIVIDEND PER SHARE, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BUERSA EFEK INDONESIA

  • Muhamad Sofirin Universitas Pasir Pengaraian
  • Nofrianty Universitas Pasir Pengaraian
Keywords: Tingkat Bunga , Earning Per Share2, Dividend Per Share , Pertumbuhan Penjualan , Harga Saham

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti secara empiris  tentang pengaruh tingkat bunga, Earning Per Share, Dividend Per Share dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada Perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Objek penelitian ini adalah perusahaan LQ45 dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018. Model analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2016 sampai 2018 secara parsial tingkat bunga, EPS dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan DPS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham pada Perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Secara simultan tingkat bunga, EPS, DPS dan pertumbuhan penjualan berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada Perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan angka signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Penelitian yang akan datang, sebaiknya dilakukan penambahan variabel sehingga dapat diketahui apakah ada variabel lain yang juga mempengaruhi harga saham perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brigham, E.F dan Houston, J.F. 2012. Dasar Dasar Manajemen Keuangan Edisi V. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono dan Fahrudin. 2016. Pasar Modal di Indonesia. Edisi Ketiga. Penerbit : Selemba Empat. Jakarta.

Hendro, T. & Rahardja, C.T. 2014. Bank & Konstitusi Keuangan Non Bank di Indonesia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Ika Hesti Pratiwi. 2016. Pengaruh Earning Per Share, Dividend Per Share dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Harga Saham (Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015). Universitas PGRI Yogyakarta.

Mishkin, F.S. 2010. Ekonomi Uang, Perbankan, dan Pasar Keuangan Edisi 8. Jakarta: Selemba Empat.

Octafia, S. M. 2010. Pengaruh Tingkat Suku Bunga SBI, Nilai Tukar dan Jumlah Uang Beredar terhadap Indeks Harga Saham Sektor Property dan Real Estate dengan Pendekatan Error Correction Model diperoleh dari (http//ejournal.unp.ac.id/students/index php/mnj/.../159).

Saparuddin. 2012. Pengaruh Earning Per Share dan Dividen Per Share Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Coal Mining yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2010”. Universitas Negeri Gorontalo. Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri. Zaki Baridwan. 2013. Intermediate Accounting Edisi Delapan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Published
2020-11-06